Siapa Ulil Amri Di Indonesia Yang Harus Ditaati

BANDUNG, BERITA ISLAM ONLINE.COM – – Membahas atau membicarakan sosok ulil amri sangat menarik dan membutuhkan kejernihan berpikir, sebab tak jarang isu ini selalu berujung pada perdebatan yang sengit. Hal ini terkait dengan arti, pengertian, makna serta sosok ulil amri yang harus ditaati dalam kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini. Apakah presiden hingga rt adalah sosok ulil amri yang dimaksud dalam Al Quran? Lalu apakah mereka mutlak untuk ditaati?

Untuk membahas hal ini coba kita simak penjelasan Ustadz Aam Amiruddin dari Kota Bandung yang salah satu ustadz terkenal dan gaul diberbagai kalangan. Berikut ini penjelasannya dalam sebuah kajian, bahwa terkait dengan masalah Ulil amri yang sering menjadi peredebatan hangat hingga saat ini dapat kita simak dalam Al Quran yang dijelaskan dalam ayat berikut.

 

“Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul-Nya, dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama bagimu dan lebih baik akibatnya.” (QS. An Nisa 4: 59).

paket buku pernikahan

 

Menurut para ulama tafsir kata ulil amri adalah pemimpin atau orang yang mempunyai wewenang dalam mengelola suatu urusan. Misalnya para pejabat pemerintahan bisa disebut sebagai ulil amri dalam skala negara. Rektor adalah ulil amri dalam skala universitas. Direktur utama adalah ulil amri dalam lingkup perusahaan, dan lain-lain. Adanya kepemimpinan dalam suatu kumpulan adalah satu keharusan agar tercipta keteraturan.

 

Betapapun kecilnya suatu kelompok, wajib punya pemimpin. Sampai-sampai Rasulullah saw. mengatakan apabila kamu berpergian bertiga, angkatlah salah seorang di antara mereka amir (pemimpin). Ini gambaran bahwa kepemimpinan itu suatu keniscayaan agar terjadi keteraturan.

 

Kita wajib  mendengarkan dan menaati ulil amri (para pemimpin dalam lingkup apa pun) selama mereka menyuruh yang benar dan taat pada ketentua Allah dan Rasulnya. Cermati keterangan berikut. Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda,

 

“Anda wajib patuh dan setia pada pemimpin, baik dalam keadaan susah maupun senang, suka atau benci, dan biarpun merugikan kepentinganmu.” (H.R. Muslim).

 

Sabda Rasulullah saw. ini menegaskan bahwa kita wajib taat pada ulil amri (pemimpin) walaupun keputusannya tidak sesuai selera kita, selama keputusannya itu tidak mengandung maksiat dan menjauh pada Allah. Namun kalau keputusannya bertentangan dengan ajaran Islam alias mengandung maksiat, kita wajib menolaknya. Nabi saw. bersabda,

 

Laa thaa’ata fii ma’syiyati al Khaaliq (Tidak wajib taat pada makhluk yang menyuruh maksiat pada Allah swt.).” (H.R. Muslim)

 

Islam mengajarkan kepada ummatnya bahwa seorang ulil amri (pemimpin) wajib bermusyawarah dalam memutuskan sutu perkara supaya keputusan tersebut tidak mengandung kezaliman. Allah mengategorikan para pemimpin yang suka bermusyawarah sebagai orang-orang yang tawakal,

 

“… orang-orang yang mematuhi seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka diputuskan dengan musyawarah antara mereka…” (Q.S. Asy- Syuura 42: 38).

 

Kesimpulannya, ulil amri adalah orang yang diberi amanah untuk  memimpin. Kita wajib taat pada ulil amri selama keputusannya tidak mengandung maksiat. Setiap ulil amri,  wajib menjalankan amanah kepemimpinan dengan prinsip musyawarah.

 

Demikian penjelasan ustadz energik yang juga pakar ilmu komunikasi ini dengan bijak dan gamblangnya. Intinya dalam lingkup saat ini pemimpin atau ulil amri minkum adalah sosok yang diangkat oleh masyarakat. Sepanjang perintahnya dalam koridor amar ma’ruf nahi munkar maka ia harus ditaati namun sebaliknya jika mengajak atau menyeru kepada kemaksiatan misalnya melegalkan judi, miras bahkan pelacuran maka wajib diingatkan dan ditentang. Lalu bagaimana dengan pemimpin saat ini ? Anda bisa menjawabnya dengan hati nurani. Wallahu A’lam. [ ]

5

Redaksi: admin [Berita Islam Online Terpercaya]

 

 

980

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *