Doa Ketika Ada Gempa

 

BANTEN, BIO.COM – – Gempa bumi, kembali dirasakan sebagai masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal di pulau Jawa bagian barat ( Jabarten dan DKI), Selasa (23/1/2018). Informasi yang diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan telah terjadi gempa pada skala 6.4 SR,  yang terjadi sekira pukul 13:34:50 WIB.  Pusat lokasi gempa sendiri berada pada titik :7.21 LS,105.91 BT  atau tepatnya sekira 81 km Barat Daya Kabupaten Lebak Provinsi Banten, dengan kedalaman:10 Km dibawah permukaan laut. Menurut BMKG gempa ini tidak menimbulkan gelombang tsunami. Namun demikian BMKG meminta masyarakat tetap waspada dan tidak panic.

Sebagai seorang muslim maka kita diperintahkan ketika ada gempa baik merasakan sendiri atau mendengar adanya gempa. Seperti dicontohkan Rasulullah berikut ini doa ketika ada gempa.

 

اَللَّهُمّ إِنّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا، وَخَيْرَ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ؛ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا، وَشَرِّمَافِيْهَا وَشَرِّمَا أَرْسَلْتَ بِهِ

 

ALLAHUMMA INNII AS’ALUKA KHOIROHAA, WA KHOIROMAA FIIHAA WA KHOIRO MAA ARSALTA BIH, WA A’UDZUBIKA MIN SYARRIHAA WASYARRI MAA FIIHAA WA SYARRI MAA ARSALTA BIH.

 

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan  apa yang didalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan”.

 

Secara geologis, gempa adalah kejadian alam biasa yang disebabkan adanya pergeseran lempeng bumi atau adanya gerakan vulkanik pada gunung berapi. Gempa bumi secara alami dimaksudkan sebagai “gerakan” bumi untuk “menyesuaikan” agar terjadi keseimbangan.

BACA JUGA: Doa Ketika Sakit

Namun sebagai muslim kita meyakini bahwa semua kejadian ala mini adalah kehendak dan atas kuasa Allah. Gempa bumi harus dimaknai bukan sekedar gerakan bumi alamiah namun sebuah tanda dan peringatan dari Allah kepada makhluk-Nya di atas bumi. Banyak kejadian di masa lalu dimana Allah Swt memberi peringatan bahkan mengazab makhluk-Nya dengan kejadian gempa. Semoga kita terhindar dari azab Allah Swt. [ ]

5

Redaksi: admin  [Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

970

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *