Keistimewaan Hari Jumat, Bagi Umat Islam

 

JAKARTA, BIO.COM – – Hari Jumat, adalah hari yang sangat istimewa bagi ummat Islam. Hari ini adalah hari agung dan sangat mulia disbanding hari yang lainnya. Selain diwajibkan untuk melaksankan Shalat Jumat bagi kaum laki-laki, sebagaimana yang diperintahkan Allah Swt dalam firmannya,

Wahai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum`at, maka bersegeralah kalian kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” ( QS.Al-Jumu`ah : 9)

Juga di dalam hari Jumat ini ada banyak keistimewaan dan keutamaannya. Keutamaan dan keistimewaan ini tidak ada dalam hari lain.

Dinukil dari Al-Imam Ibnul Qayyim Al Jauziyah, beliau berkata :

  • “Hari Jum’at adalah hari yang dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Dalam setiap hari dia memiliki keistimewaan dengan beragam bentuk ibadah, baik yang wajib maupun yang mustahab.

 

  • Allah subhanahu telah menjadikan satu hari khusus untuk umat setiap agama, yang mereka habiskan untuk beribadah dan menyingkir dari kesibukan dunia.

 

  • Hari Jum’at adalah hari untuk beribadah (bagi kaum muslimin). Hari Jumat dalam satu pekan, sebagaimana Ramadhan dalam satu tahun.

 

  • Waktu yang mustajab berdoa pada hari Jum’at bagaikan lailatul qadr pada bulan Ramadhan.

 

  • Barangsiapa yang sukses dan selamat dalam menjalani hari Jum’at maka akan sukses pula seluruh hari dalam satu pekannya. Seperti orang yang sukses dan selamat menjalani Ramadhan, sukses pula sepanjang tahunnya. Juga orang yang sukses dan selamat dalam menunaikan haji, sukses pula seluruh usianya.

 

  • Hari Jum’at merupakan timbangan satu pekan, Ramadhan adalah timbangan satu tahun, dan haji adalah timbangan sepanjang usia.

 

Dengan demikian hendaknya kita bersiap memasuki hari Jumat dengan amalan penuh. Jangan sia-siakan hari Jumat yang penuh berkah ini. [ ]

 

Sumber: dikutip dari buku Zadul Ma’ad karangan Ibnu Qayyim Al-Jauziyah

 

Redaksi: admin [Berita Islam Online Terpercaya]

 

BACA JUGA: Keutamaan dan Pahala Shalat Dhuha 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *