Bacaan Sujud Sahwi Sesuai Sunnah, Bagaimana Yang Benar?

 

MALANG, BIO.COM – –  Perlu kita ketahui, sujud sahwi adalah suatu istilah untuk dua sujud yang dikerjakan oleh orang yang shalat, fungsinya untuk menambah celah-celah yang kurang dalam shalatnya karena lupa. Faktor-faktor yang menyebabkan seseorang harus mengerjakan sujud sahwi itu setidaknya ada tiga macam yakni penambahan, pengurangan dan ragu-ragu.

 

 

Memang kebanyakan orang kalau sujud sahwi membaca, ”Subhaana man laa yanaamu wa laa yashuu” artinya ”Maha Suci Dzat yang tidak tidur dan tidak lupa”. Doa ini tercatat  dalam buku I’anah Thalibin jilid 1 hal 167.

 

Namun sayang doa sujud sahwi yang begitu poluler di masyarakat kita itu tidak didukung keterangan-keterangan sahih, bahkan   dalam buku Assunan wal Mubtada’at hal. 75 disebutkan,

 

”Tidak diriwayatkan dari Nabi saw. bacaan khusus untuk sujud sahwi. Tetapi bacaan sujud sahwi itu sama seperti sujud lainnya yang biasa dalam shalat. Adapun bacaan Subhaana man laa yanaamu wa laa yashuu” tidak pernah diamalkan oleh Nabi dan para sahabat dan sama sekali tidak diterangkan dalam sunnah.”

 

BACA JUGA: Hukum Peringati Maulud Nabi

 

Bertolak dari analisis hadits ini,   bahwa tidak ada doa khusus untuk sujud sahwi. Doa sujud sahwi sama saja dengan doa yang biasa kita baca dalam shalat yaitu ”Subhana Rabbiayal A’la”.   Semoga bermanfaat. [ ]

4

Sumber: Tanya Jawab Ustadz Online bersama Ust Aam Amiruddin

970

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *