Terlalu Banyak Akses Internet Dapat Pengaruhi Kecerdasan Otak

anak

 

WASHINGTON, BIO.COM – – Mencari berbagai macam informasi saat ini sangat mudah dengan hadirnya beragam situs pencari (search engine). Nah, sebuah studi teranyar menyebutkan bahwa akses informasi online yang dapat diperoleh dengan cepat cenderung mempengaruhi persepsi kecerdasan seseorang. Hal ini terungkap dalam “Journal of Experimental Psychology: General”  yang diterbitkan Yale University, Amerika Serikat belum lama ini seperti dilaporkan psycology2day.

 

“Sumber eksternal ini membuat Anda lebih mudah merasa ragu dengan pengetahuan Anda sendiri. Meskipun demikian, ketika orang bergantung pada pengetahuannya sendiri, mereka bisa merasa pengetahuan yang dimiliki tidak akurat dan memberi gambaran bagaimana bergantungnya orang pada internet,” ujar Matthew Fisher, Ketua Penelitian dan kandidat doktor psikologi dari Yale University, Amerika Serikat.

 

Dalam studi tersebut, tim yang dipimpin Fisher melibatkan ratusan orang untuk berpartisipasi dalam serangkaian eksperimen. Dalam sebuah eksperimen, para partisipan dibagi ke dalam dua kelompok dan ditanyakan berbagai macam pertanyaan secara acak tentang berbagai hal. Satu kelompok diperbolehkan mencari jawabannya di internet, namun kelompok lainnya dilarang.

 

Mereka yang mencari informasi di internet merasa lebih mengetahui topik yang tidak berelasi dengan pencarian online mereka. Sementara, tim Fisher tidak menemukan kecenderungan semacam itu pada orang-orang yang tidak diperbolehkan mencari informasi di internet.

 

BACA JUGA: Cara Mengatasi Anak Hyperaktif

 

Studi ini menemukan juga bahwa ketika para partisipan tidak dapat menemukan informasi yang mereka temukan di internet, mereka yang dapat mencari informasi di dunia internet masih memiliki peningkatan rasa cerdas dalam diri mereka. Menurut Fisher, memiliki perasaan lebih pintar seperti ini sangat berbahaya, khususnya dalam bidang politik dan bidang lain yang mengharuskan seseorang membuat keputusan penting.

 

“Dalam kasus dimana keputusan memiliki konsekuensi yang besar, penting bagi seseorang untuk memiliki pengetahuan sendiri dan berasumsi kalau mereka mengetahui sesuatu yang sebenarnya tidak mereka ketahui. Internet memang memiliki beragam manfaat, namun tak sedikit juga kerugian yang tidak kelihatan jelas seperti ini,” ungkap Fisher.

 

Fisher menduga, kecenderungan merasa lebih pandai kemungkinan terjadi lantaran pertumbuhan penggunaan ponsel pintar yang melonjak. Sehingga, internet dapat diakses kapan saja, dimana saja, dan oleh siapa saja. [ ]

 

4

Redaktur: admin

821

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *