Hukum Memakai Celana Diatas Mata Kaki

JAKARTA,BIO.COM – – Hukum celana diatas mata kaki, atau, hukum isbal. Persoalan celana diatas mata kaki atau istilahnya isbal ini masih sering terjadi di masyarakat kita. Khsusunya saat shalat dan menjadi perdebatan yang sebenarnya tidak perlu dilakukan dan menurut saya tidak produktif. Masalah yang Anda tanyakan tertera dalam hadis berikut. “Abu Sa’id Al Khudry r.a. berkata, Rasulullah saw. bersabda,

 

“… Siapa yang menurunkan sarung di bawah mata kaki karena sombong, Allah tidak akan melihat kepadanya.” (H.R. Abu Daud).

 

Sesungguhnya hadis ini tidak melarang kita memakai kain yang menutupi mata kaki, tapi melarang berpakaian dengan sombong. Kita sadari bahwa pakaian sering membawa pada kesombongan. Betapa banyak orang menghabiskan uang untuk membeli pakaian yang  bermerek demi mengejar status sosial. Tapi pernyataan ini jangan difahami seolah kita dilarang berpakaian bermerek. Kita boleh berpakaian mahal dan bermerek kalau niatnya bukan untuk kesombongan.

 

Kalau Anda berpakaian yang tidak menutupi mata kaki, tapi Anda melakukannya dengan kesombongan, hal seperti inilah yang dilarang, sebaliknya, Anda memakai pakaian yang menutupi mata kaki, tapi  tidak bermuatan kesombongan, hal ini tidak dilarang. Allah Swt. tidak suka kepada orang yang sombong dan berlebih-lebihan dalam berpakaian.

 

Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan setinggi gunung.” (Q.S. Al Isra 17: 37). “…dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (Q.S. Al Hadid 57: 23).

 

Barangsiapa memakai pakaian yang berlebih-lebihan, maka Allah akan memberikan pakaian kehinaan nanti di hari kiamat.” (H.R. Ahmad, Abu Daud, Nasa’I, dan Ibnu Majah).

 

Bagaimana hukum shalat dengan celana menutupi mata kaki? Sah atau tidak sah? Tentu saja sah dan Anda tidak perlu khawatir sebab celana diatas mata kaki ini menurut saya bukan yang menyebabkan sah tidaknya shalat. Coba sebutkan, darimana dalilnya shalat dengan celana dibawah atau menutupi mata kaki menjadi tidak sah. Hemat saya persoalan demikian jangan sampai terus diperdebatan yang menguras perhatian dan energi yang sebenarnya bisa membahas yang lebih urgent. Hormati yang celananya diatas mata kaki demikian juga bagi rekan-rekan yang masih menutupi mata kaki.

 

Kesimpulannya, laki-laki diperbolehkan memakai pakaian yang menutupi mata kaki asalkan tidak sombong. Walaupun pakaian Anda tidak menutupi mata kaki, tapi kalau dibarengi dengan kesombongan, Allah Swt. akan murka. Wallahu A’lam. [ ]

Sumber: Tanya Jawab Ustadz Online bersama Ust Aam Amiruddin

4

Redaktur: admin [Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

960

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *