Orang Tua Perlu Baca, Panduan Mengajarkan Puasa Pada Anak

mengajar anak

PANDUAN MENGAJARKAN PUASA PADA ANAK, BANDUNG, BIO.COM – – Puasa merupakan satu hal yang lumrah bagi umat muslim. Terdapat banyak hal baik yang terdapat dalam puasa. Setiap umat muslim bahkan diwajibkan untuk berpuasa di bulan Ramadhan. Bagi yang sudah memahami keutamaannya, berpuasa akan menjadi perkara yang mudah. Namun tidak demikian bagi anak-anak yang fitrahnya suka makan. Puasa dapat menjadi hal yang menyiksa bagi anak karena diharuskan untuk menahan lapar dan dahaga. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengajarkan puasa pada anak.

Ketika mengajak sang buah hati berpuasa, perhatikan dua hal ini:

  1. Anak dalam kondisi yang memungkinkan (sehat)
  2. Kalau anak sudah tidak tahan maka jangan dipaksakan

Bila buah hati sedang dalam keadaan tidak fit, maka alangkah baiknya bila sang anak tidak diajak berpuasa terlebih dahulu.

BACA JUGA: Cara  Berbakti Pada Orang Tua

Kalau di tengah perjalanan puasa sang buah hati merasa tidak sanggup, coba tenangkan sang anak dengan hal-hal yang menyenangkan seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW.

Rasulullah saw. mengutus (seseorang) pada pagi hari ‘Asyura ke kampungkampung Anshar, ‘Barangsiapa pada pagi hari telah berpuasa, hendaklah ia sempurnakan puasanya. Barangsiapa pada pagi hari telah makan, hendaklah ia berpuasa pada sisa waktunya pada hari itu.’ Oleh karena itu, kami dahulu melakukan puasa setelah kejadian itu dan kami ajak anak-anak kecil kami berpuasa dan pergi ke masjid, lalu kami buatkan mereka mainan dari tanah. Jika di antara mereka ada yang menangis karena ingin makan, kami berikan mainan itu kepadanya, sehingga sampailah waktu berbuka.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadist tersebut digambarkan bahwa untuk orang tua memberikan mainan ketika sang anak mulai menangis karena ingin makan sehingga sang anak menjadi senang dan akhirnya bisa berpuasa penuh sampai waktu berbuka, yaitu sampai adzan Maghrib berkumandang.

Tak lupa ajarkan pula secara perlahan kepada anak tentang manfaat berpuasa, kenapa kita harus berpuasa, cara berpuasa yang benar, dengan cara yang lembut. Bisa melalui cara bercerita seperti menceritakan kisah Nabi Muhammad SAW atau para sahabat ketika berpuasa. Ataupun obrolan santai dengan sang anak tentang hal-hal tersebut.

Selamat mencoba dan semoga dapat membantu anda dalam mendidik anak tentang berpuasa.

 

Sumber: Tanya Jawab Ustadz Online bersama Ust Aam Amiruddin

 

Redaktur: admin  [Berita Islam Online Terkini & Terpercaya]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *