Cara Orang Tua Menyikapi Perbedaan Pendapat Dengan Anak

anak

CARA ORANG TUA MENYIKAPI PERBEDAAN PENDAPAT DENGAN ANAK, BIO.COM – – Membina sebuah keluarga bukanlah satu perkara yang mudah. Namun, tak jarang perbedaan pendapat terjadi dalam satu keluarga. Entah itu antara suami dengan istri ataupun orang tua dengan anak. Sebagai orang tua, bagaimana menyikapi perbedaan pendapat dengan anak? Bagaimana Islam mengatur hal tersebut.

Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Ku-beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. Lukman: 15)

Ayat diatas sebenarnya ditujukan kepada seorang anak ketika orang tuanya memenrintah kepada ke-bathil-an. Namun secara tidak langsung, ayat tersebut juga menjadi teguran bagi orang tua.

BACA JUGA: Orang Tua Perlu Baca, Panduan Mengajarkan Puasa Pada Anak

Hendaknya orang tua menyikapi setiap perbedaan pendapat dengan anak dengan cara melihat dari segi agama. Apabila keputusan atau pendapat sang anak baik dan benar menurut agama, maka alangkah baiknya bila orang tua memahami, menyetujui dan mendukung keputusan sang anak.

Namun, apabila keputusan sang anak itu bertentangan dengan aturan agama, maka pada saat itulah orang tua harus menjadi orang tua yang keras dan menegur, berusaha menghentikan dengan cara yang baik agar si anak berpikir kembali tentang keputusannya tersebut.

Semoga pembaca semua dapat membangun keluarga yang bahagia serta senantiasa memiliki keturunan yang shaleh dan shaleha.

 

Sumber: Tanya Jawab Ustadz Online bersama Ust Aam Amiruddin

 

Redaktur: admin  [Berita Islam Online Terkini & Terpercaya]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *