Hukum Membuka Jilbab Di Depan Ipar

Suami Istri Anak

JAKARTA,BIO.COM – – Hukum membuka jilbab di depan ipar, boleh atau terlarang?  Terkait hal ini jumhur ( mayoritas ) ulama berpendapat bahwa kakak ipar baik lelaki atau wanita tidak boleh menampakkan auratnya di hadapan saudara suami atau istrinya yang telah baligh atau dewasa. Demikian pula sebaliknya. Hal ini disebabkan keduanya tidak memiliki hubungan mahram.

 

Dalil akan haramnya menampakkan aurat dihadapan saudara ipar ini ditegaskan Rasul yang memberi peringatan keras terhadap hubungan interaksi antar-saudara ipar, apalagi di dalam rumah. Coba Anda perhatikan,

 

Ada seorang sahabat yang bertanya, “Ya Rasulullah, bagaimana hukum kakak ipar?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Saudara ipar adalah kematian.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

Demikian tegasnya Rasul memberikan rambu-rambu dalam hubungan atau pergaulan antara saudara ipar khususnya yang telah dewasa ini.

 

Interaksi atau pola pergaulan dengan kakak atau adik ipar bisa menjadi sebab timbulnya fitnah, maksiat bahkan dapat menghancurkan sebuah keluarga. Terkadang hal ini tidak disadari dan tidak dipahami oleh suami atau istri. Kalau kita baca banyak kasus hubungan terlarang antara saudara ipar ini baik suami atau pun istri. Ini harus menjadi kewaspadaan dan kehati-hatian.

 

Hubungan yang terlalu akrab antara saudara ipar kadang bisa menimbulkan masalah. Batas-batas atau norma yang tidak lagi diindahkan atau dijaga akan menghancurkan rumah tangga. Kondisi semacam ini akan memudahkan mereka untuk terjerumus ke dalam zina.

 

Mungkin tidak sampai pada zina yang sebenarnya namun semua bisa diawali dengan zina hati, zina mata dan sebagainya. Dalam Alquran secara tegas Allah sudah memperingatkan,

 

Dan janganlah kamu mendekati zina, Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (QS.Al Israa: 32)

 

BACA JUGA: Hukum Jilbab Ketat, Boleh atau Terlarang?

 

Ingat yang namanya zina tidak langsung datang atau dilakukan begitu ketemu. Namun diawali dengan saling kenal, akrab dan seterusnya. Setan menggoda manusia itu setahap demi setahap dan tidak langsung pada zina sebenarnya.

 

Apa yang Anda lakukan menurut saya sudah benar yakni segera menutup aurat atau jilbab dan menghindari terlalu akrab dengan adik ipar. Apalagi jika suami Anda sedang pergi atau tidak ada di rumah maka sebaiknya Anda dan adik ipar tidak serumah. Anda bisa pergi dulu ke rumah orangtua atau saudara dulu untuk menghindari hal ini.

 

Menurut hemat saya, Anda harus menjelaskan kepada suami. Ajak bicara atau diskusi baik-baik dari beri pengertian. Hal ini semata bukan Anda bermaksud menolak kehadiran adik suami atau juga adik ipar Anda. Namun demi menjaga keharmonisan rumah tangga Anda dan suami. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

4

Sumber: Tanya Jawab Ustadz Online bersama Ust Aam Amiruddin

860

Redaktur: admin  [Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *