Tips Untuk Istri Mengatur Keuangan Rumah Tangga, Para Istri Wajib Baca!

mengatur keuangan rumah tangga

TIPS UNTUK ISTRI MENGATUR KEUANGAN RUMAH TANGGA, BIO.COM—Keuangan keluarga seringkali menjadi sebuah tugas tersendiri bagi seorang Ibu Rumah Tangga. Ketika seorang suami mengamanahi istri untuk mengatur uang yang diberikan, seringkali seorang istri tidak kuat menahan hawa nafsu untuk membeli ini dan itu. Hal tersebut tak lain merupakan godaan setan. Lalu bagaimana cara menangkalnya?

 

Islam mengatur bagaimana cara mengelola keuangan keluarga seperti yang difirmankan Allah:

“Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata, ‘Ya Tuhanku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)-ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?’” (Q.S. Al Munafiqun 63: 10)

 

Dari ayat tersebut, dapat kita ambil hikmah bahwa rezeki yang kita peroleh (yang diberikan oleh suami) itu perlu bahkan harus dibelanjakan sebagiannya. Perlu digarisbawahi bahwa disana Allah Ta’ala memerintahkan kita untuk berhemat dengan tidak membelanjakan seluruh rezeki, namun hanya sebagiannya saja. Seperlunya saja.

BACA JUGA: Hukum Istri Bekerja Diluar Rumah, Boleh atau Terlarang?

Seorang penulis buku Mensucikan Jiwa, Sa’id Hawwa, membagikan tips agar kita tidak boros dalam berbelanja. Sa’id Hawwa dalam bukunya menjelaskan tentang berbagai fungsi harta yang harus diperhatikan dan ditunaikan seorang hamba, yaitu:

  1. Mengetahui tujuan harta mengapa harta itu diciptakan, dan tidak memberikan perhatian melebihi batas yang selayaknya.
  2. Menjaga jalur pendapatan harta, menghindari yang haram, makruh, berbau suap, atau yang merendahkan martabat, seperti dengan cara meminta.
  3. Kadar dan kuantitasnya tidak berlebihan tetapi juga tidak kurang.
  4. Menjaga jalur pengeluaran, tidak mubazir tetapi juga tidak kikir, menyalurkannya kepada yang berhak secara halal.
  5. Meluruskan niat yang berkaitan dengan harta dalam hal mendapatkannya, meninggalkannya, menginfakkannya, atau menahannya.

 

Semoga dengan tips sederhana ini, kita dapat mengelola keuangan keluarga kita sehingga segala keperluan dan kebutuhan keluarga dapat terpenuhi.

 

Sumber: Tanya Jawab Ustadz Online bersama Ust Aam Amiruddin

 

Redaktur: admin  [Berita Islam Online Terkini & Terpercaya]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *