Cara Agar Doa Mudah Dikabulkan Allah

doa

DOA, BIO.COM—Semua orang yang berharap tentu ingin harapannya menjadi kenyataan. Semua orang yang berdoa tentu ingin doanya dikabulkan. Namun, seringkali kita lalai dalam berdoa, tak memahami tata cara dan etika kala berdoa. Ingin doa kita cepat dikabul oleh Allah? Yuk simak beberapa tips berikut.

 

Ikhlas berdoa kepada Allah

Berdoa itu harus Ikhlas hanya kepada Allah Ta’ala. Jangan sampai kita berdoa tapi kita ragu Allah akan mengabulkan doa kita. Yakinkan hati kita bahwa Allah itu Ar-Rahman. Ia mampu dan pasti mengabulkan doa setiap hambaNya. Setelah itu jangan lupa untuk selalu istiqomah.

Maka berdoalah (sembahlah) Allah Ta’ala dengan memurnikan ibadah kepada-Nya, meskipun orang-orang kafir tidak menyukai(nya)” (QS. Ghaafir: 14)

 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 “Berdoalah kepada Allah dengan keyakinan bahwa doa tersebut akan dikabulkan. Dan ketahuilah, sesungguhnya Allah Ta’ala tidaklah mengabulkan doa dari hati yang lalai dan berpaling” (HR. Tirmidzi no. 3488 dan Al-Hakim dalam Al-Mustadrak 1/493).

BACA JUGA: Amalan Sederhana Agar Wanita Mudah Masuk Surga

Berdoa sambil menyebut asma Allah (Nama-nama Baik Allah)

Berdoalah dengan menyebut nama-nama baik Allah sebagai permulaannya. Niscaya, doa kita akan lebih cepat sampai kepada Allah dan Allah akan membalasnya lebih cepat. Itu dibenarkan oleh Al-Qur’an.

Hanya milik Allah asmaa-ul husna. Maka mohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya,” (QS. Al-A’raf: 180)

 

Berdoa di waktu-waktu istimewa

Sebenarnya yang dituntut dari seorang muslim adalah berdoa secara terus-menerus di waktu kapan pun. Akan tetapi, seorang muslim juga hendaknya memperhatikan waktu-waktu khusus yang lebih besar kemungkinan untuk dikabulkan. Misalnya, ketika bersujud, atau di akhir malam, atau di bulan Ramadhan, lebih khusus lagi di sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan. Ini adalah waktu-waktu istimewa, sehingga hendaknya kita lebih banyak berdoa di waktu-waktu tersebut dibandingkan di waktu lainnya.

 

Semoga dengan memahami dan mengamalkan tiga poin tersebut, kita bisa menjadi pribadi yang lebih mendekatkan diri kepada Allah dan semua hajat kita terkabul dengan ridhaNya.

 

Sumber: Muslim.or.id

 

Redaktur: admin  [Berita Islam Online Terkini & Terpercaya]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *