Doa Berbuka Puasa Yang Benar Dan Shahih Menurut Islam

doa berbuka puasa

DOA BERBUKA PUASA, BIO.COM—Doa berbuka puasa yang sering didengar dan diucap oleh masyarakat kita adalah doa: Allahuma lakasumtu. Alasannya sederhana, karena doa ini familiar di telinga masyarakat dan seringkali diperdengarkan di radio dan televisi. Meskipun demikian, doa tersebut ternyata tidaklah shahih. Mau tahu doa berbuka puasa yang shahih?

Doa Berbuka Puasa yang Terkenal di Tengah Masyarakat

Lafazh pertama:

Allahuma laka sumtu wa a’la rizkika aftortu.

”Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka.”

Doa ini merupakan bagian dari hadits yang artinya sebagai berikut:

“Dari Mu’adz bin Zuhrah, sesungguhnya telah sampai riwayat kepadanya bahwa sesungguhnya jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka puasa, beliau membaca (doa), ‘Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthortu-ed’ (ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka).”

Hadits tersebut diriwayatkan oleh Abu Daud, dan dinilai dhaif oleh Syekh al-Albani dalam Shahih wa Dhaif Sunan Abi Daud. Mua’dz ini tidaklah dianggap sebagai perawi yang tsiqah.

Keterangan lainnya menyebutkan bahwa Mu’adz adalah seorang tabi’in. Sehingga hadits ini mursal (di atas tabi’in terputus). Hadits mursal merupakan hadits dho’if karena sebab sanad yang terputus. Syaikh Al Albani pun berpendapat bahwasanya hadits ini dhaif.

BACA JUGA: Cara Agar Doa Mudah Dikabulkan Allah

Adapun untuk doa untuk berbuka puasa yang shahih seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah adalah sebagai berikut.

Do’a pertama

Terdapat sebuah hadits shahih tentang doa berbuka puasa, yang diriwayatkan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.

Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki,” (HR. Abu Daud)

Periwayat hadits adalah Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma. Pada awal hadits terdapat redaksi, “Abdullah bin Umar berkata, ‘Jika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka puasa, beliau mengucapkan ….‘”

Oleh karena itu, mulai sekarang, mari bersama-sama untuk mulai mengucapkan doa berbuka puasa yang shahih dan dicontohkan oleh Rasulullah Shalallahu alaihi wassallam.

 

Sumber: Muslimah.or.id

 

Redaktur: admin  [Berita Islam Online Terkini & Terpercaya]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *