Bolehkah Shalat Tahajud Setelah Tarawih Dan Witir ?

 

BIO.COM, JAKARTA – – Bolehkah Shalat Tahajud Setelah Tarawih Dan Witir,Hukum Shalat Tahajud Pada Bulan Ramadhan.  Begini, mayoritas para ulama fikih berpendapat bahwa  hukum mengerjakan shalat witir dua kali dalam satu malam adalah makruh. Hal ini berdasarkan hadits dimana Rasulullah Saw bersabda,

 

لاَ وِتْرَانِ فِي لَيْلَةٍ

 

Tidak ada dua witir dalam satu malam.” (HR. Ahmad, Abu Daud, Nasa’i dan Tirmidzi)

 

Menurut ulama ahli hadits,termasuk Ibnu Hibban menyatakan bahwa hadits ini shahih. Selain itu para ulama juga menyebutkan bahwa makna hadits ini menunjukkan makruhnya dua kali shalat witir atau lebih dalam satu malam, karena mengulangi witir dalam satu malam merupakan ibadah atau shalat yang tidak disyariatkan atau dicontohkan Rasul.

 

Padahal yang namanya ibadah apalagi yang maghdah termasuk shalat maka tidak boleh beribadah kepada Allah, melainkan dengan syariat yang telah ditetapkan-Nya dan juga dicontohkan Rasul.”

 

Kemudian ada hadits yang menyebutkan tentang shalat witir sebagai penutup shalat malam. Hal ini seperti yang berbunyi,

 

اِجْعَلُوْا آخِرَ صَلاَتِكُمْ بِاللَّيْلِ وِتْرًا

 

Jadikanlah shalat witir sebagai penutup shalat malammu.” (Muttafaqun ‘alaihi)

 

Makna hadits ini mengarah kepada orang yang melakukan shalat malam sedangkan ia belum menjalankan shalat witir sebelumnya.

 

Lalu bagaimana jika sudah terbiasa Shalat Tahajud dan ingin tetap melaksanakan Tahajud di bulan Ramadhan padahal sudah tarawih?

 

Untuk  hal ini maka para ulama fikih menyarankan atau memberi solusi kalau mau shalat Tahajud khususnya di bulan Ramadhan maka jangan witir dulu. Caranya Anda tetap ikut shalat Tarawih di masjid namun tidak sampai shalat witir. Anda di rumah silakan shalat Tahajud kemudian tutup dengan shalat witir. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

4

Sumber: Tanya Jawab Ustadz Online bersama Ust Aam Amiruddin

846

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *