Jual Beli Uang Baru, Bagaimana Hukumnya?

jual beli uang baru

JUAL BELI UANG BARU, BIO.COM—Menjelang lebaran uang receh dengan pecahan 1000 atau 2000 rupiah dibutuhkan untuk dibagi-bagikan kepada anak-anak atau orang yang tidak mampu. Niat ini cukup bagus karena untuk memberikan kegembiraan kepada mereka di hari raya kaum muslimin. Uang receh dalam jumlah besar agak sulit didapatkan sehingga ada orang yang meilhat peluang ini dan menjadikannya bisnis. Namun, apakah hal seperti ini diperbolehkan dalam Islam? Bagaimana Islam mengaturnya?

Perlu diketahui bahwa bisnis ini adalah riba. Riba dilarang oleh syariat. Memang dampak riba tidak langsung terlihat secara individu akan tetapi riba bisa merusak bahkan melumpuhkan ekonomi suatu bangsa karena yang kaya semakin kaya dan miskin semakin miskin sehingga celah sekecil apapun yang bisa membawa kepada kerusakan yang besar akan ditutup oleh syariat.

Pada prakteknya jual beli receh dengan menukar 1000 rupiah sebanyak 100 (senilai dengan 100 ribu) dengan harga 120 ribu misalnya. Maka ada nilai lebih, lebih-lebih pada benda ribawi yaitu mata uang.

BACA JUGA: Amalan Sederhana Agar Wanita Mudah Masuk Surga

Jika ingin tidak termasuk riba, maka tukar-menukarnya harus sama nilai dan jumlahnya. 100 ribu selembar ditukar dengan 1000 rupiah 100 lembar.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika emas ingin ditukar dengan emas, maka harus sama timbangannya.” (HR. Muslim)

Demkian juga berbagai fatwa ulama bahwa uang termasuk benda ribawi dan tidak boleh menukarnya dengan nilai lebih. Sebagaimana fatwa Hai’ah Kibar Ulama

Tidak boleh menukar satu jenis (mata uang) dengan nilai lebih, baik itu dengan cara tertunda (tidak tunai) atau kontan (tunai). Misalnya menukar sepuluh riyal saudi dengan satu lembar 11 riyal saudi.” (Pembahasan Hai’ah Kibar Al-Ulama)

Oleh karena itu, hendaklah kita tidak mendukung gerakan riba ini. Jika ingin menukarkan uang dengan recehan, manfaatkan fasilitas yang disediakan oleh pemerintah dan bank-bank swasta yang tidak mengandung unsur riba (dilebih-lebihkan).

 

Sumber: Muslimafiyah.com

 

Redaktur: admin  [Berita Islam Online Terkini & Terpercaya]

===============================

Keyword:

Jual Beli Uang Baru, Hukum Jual Beli Uang Baru, Hukum Jual Beli Uang Baru Menurut Islam, Hukum Jual Beli Uang Baru Saat Lebaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *