Tips Agar Anak Tidur Nyenyak

WASHINGTON, BIO.COM– – Membuat anak tidur tepat waktu adalah hal yang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Baru-baru ini dilaporkan semakin banyak anak-anak yang menderita masalah tidur akibat melihat media sosial sebelum tidur.

Meskipun sulit memberlakukan jam malam pada perangkat digital, ada sejumlah metode yang dapat digunakan oleh orang tua untuk mencoba dan membantu anak-anak terlelap di malam hari.

 

Pertama, menerapkan bebas perangkat teknologi sebelum tidur. Ahli tidur untuk Sealy UK Neil Robinson mengatakan orang tua mungkin bisa saja membiarkan mereka memiliki waktu di depan TV atau tablet. Tetapi cahaya biru yang dipancarkan dari layar perangkat dapat berdampak negatif pada tidur anak.

Cahaya tersebut berdampak pada tingkat hormon melatonin.

 

“Dengan menciptakan lingkungan bebas teknologi selama 30 menit sebelum waktu itu mereka, Anda dapat membangun menciptakan zona ramah-tidur,” ujar Robinson, dilansir dari Independent, Rabu (3/10/2018).

 

Pencahayaan di kamar tidur anak dapat mempengaruhi kualitas tidur mereka. Menurut pelatih tidur Sarah Ockwell-Smith akan lebih bijaksana membeli lampu yang telah direkayasa secara ilmiah untuk membantu anak tertidur. Menyimpan lampu lain di kamar tidur anak di malam hari dapat menghambat pelepasan melatonin dan mencegah anak tertidur.

 

Dua, atur waktu tidur yang ketat. Anak-anak tidak bisa tidur nyenyak jika mereka tidur pada waktu yang berbeda setiap malam.

 

“Saya selalu mengatakan rutinitas adalah bagian paling penting dari gaya hidup anak-anak untuk membuat mereka tertidur,” kata spesialis tidur di Happy Beds, Joy Richards. Dengan memberi anak waktu tidur yang ditetapkan maka mereka sadar waktu tidur dan akhirnya menjadi kebiasaan.

 

Tiga, ciptakan lingkungan yang damai. Salah satu cara agar anda dapat meciptakan lingkungan yang damai adalah mendorong mereka menggunakan imajinasi mereka sebelum tidur.

 

“Tanyakan pada anak Anda tentang liburan atau tempat favorit setelah nyaman di tempat tidur, lampu mati dan (setelah mereka tidur) anda akan meninggalkan ruangan,” kata ahli kesejahteraan keluarga dan penemu Healthy Whole Me.

 

Cara lain yang dapat dilakukan adalah menyuruh anak melakukan kegiatan menenangkan sebelum tidur, seperti mandi santai. Mandi sebelum tidur membuat suhu tubuh menurun.

 

Empat, berhati-hati dengan makanan yang dikonsumsi anak sebelum tidur. Hindari makanan manis dan keju. Robinson menyarankan anak-anak makan camilan seperti roti panggang gandum, apel, atau biskuit sekitar 45 menit sebelum tidur.

 

Lima, kuncinya adalah tempat tidur yang nyaman. Jenis kasur yang diperlukan anak untuk mencapai tidur malam yang nyenyak mungkin berbeda dengan yang dibutuhkan oleh orang dewasa.

 

Banyak orang dewasa menyukai kasur yang lembut. Namun anak-anak umumnya memerlukan kasur yang lebih kuat.

 

“Ini karena tubuh yang tumbuh membutuhkan dukungan ekstra saat mereka berkembang,” kata ahli tidur di Dormeo, Phil Lawlor.

 

Selain kasur yang nyaman, penting juga memperhatikan ketebalan selimut anak. Karena mereka mungkin merasa tidak nyaman jika selimutnya terlalu tebal. [ ]

3

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

630

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *