Macam Macam Penyakit Hati Dan Cara Mengatasinya

JAKARTA, BIO.COM –  -Jenis Penyakit Hati Dalam Islam,Macam Macam Penyakit Hati Dan Cara Mengatasinya, berikut penjelasannya.

 

Iri, dengki, hasad adalah beberapa penyakit hati yang harus dihindari. Jadi penyakit hati ini tidak terlihat dan secara fisik tidak menimbulkan sakit namun secara mental atau psikolis terganggu.

 

 

Bukan itu saja bahaya penyakit hati ini bisa mencelakai hidup seseorang baik di dunia maupun kelak di akhirat. Dalam sebuah haditsnya  Rasulullah bersabda,dari Abu Hurairah ra. yang berkata bahwa Nabi SAW. bersabda:

 

 

“Jauhilah oleh kalian sifat dengki, karena sesungguhnya dengki itu dapat memakan kebaikan sebagaimana api melalap kayu bakar” ( HR. Abu Daud )

 

Macam-macam arti penyakit hati dan sifat buruk manusia :

1. Iri Hati

Iri hati adalah suatu sifat yang tidak senang akan rizki / rejeki dan nikmat yang didapat oleh orang lain dan cenderung berusaha untuk menyainginya. Iri hati yang diperbolehkan dalam ajaran islam adalah iri dalam hal berbuat kebajikan, seperti iri untuk menjadi pintar agar dapat menyebarkan ilmunya di kemudian hari. Atau iri untuk membelanjakan harta di jalan kebenaran.

2. Dengki

Dengki adalah sikap tidak senang melihat orang lain bahagia dan berusaha untuk menghilangkan nikmat tersebut. Sifat ini sangat berbahaya karena tidak ada orang yang suka dengan orang yang memiliki sifat seperti ini.

3. Hasut / Hasud / Provokasi

Hasud adalah suatu sifat yang ingin selalu berusaha mempengaruhi orang lain agar amarah / marah orang tersebut meluap dengan tujuan agar dapat memecah belah persatuan dan tali persaudaraan agar timbul permusuhan dan kebencian antar sesama.

4. Fitnah

Fitnah lebih kejam dari pembunuhan adalah suatu kegiatan menjelek-jelekkan, menodai, merusak, menipu, membohongi seseorang agar menimbulkan permusuhan sehingga dapat berkembang menjadi tindak kriminal pada orang lain tanpa bukti yang kuat.

5. Buruk Sangka

Buruk sangka adalah sifat yang curiga atau menyangka orang lain berbuat buruk tanpa disertai bukti yang jelas.

6. Khianat / Hianat

Khianat adalah sikap tidak bertanggungjawab atau mangkir atas amanat atau kepercayaan yang telah dilimpahkan kepadanya. Khianat biasanya disertai bohong dengan mengobral janji. Khianat adalah ciri-ciri orang munafik. Orang yang telah berkhianat akan dibenci orang disekitarnya dan kemungkinan besar tidak akan dipercaya lagi untuk mengemban suatu tanggung jawab di kemudian hari.

 

Ini beberapa dosa yang tidak dirasa yang bisa bikin sengsara. Untuk segera bertaubat dan selalu berdoa agar terhindar dari penyakit hati. [ ]

Dari berbagai sumber.

4

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya]

860

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *