Tips Agar Rumah Tangga Harmonis Dan Bahagia, Ini Caranya

 

JAKARTA,BIO.COM – – Setiap pasangan suami istri pasti mendambakan atau menginginkan kehidupan rumah tangga yang harmonis, rukun dan tetap mesra meski usia kian menua. Untuk mewujudkan hal itu ada beberapa tips yang perlu dilakukan suami istri. Berikut tips praktisnya:

 

  1. 1. Komunikasi Terbuka

Komunikasi adalah hal terpenting yang harus selalu dijaga agar pernikahan berlangsung dengan baik dan awet. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa komunikasi yang baik diantara pasangan bahkan lebih berarti dibandingkan dengan komitmen, sifat atau pribadi suami istri maupun konflik yang terjadi diantara mereka. Memang pernikahan tidak jauh dari konflik tapi pasangan yang bahagia sebenarnya bukan mereka yang menghindari konflik tapi saling terbuka satu sama lain dan mau berkomunikasi untuk mengatasi konflik tersebut.

 

  1. Olah Raga Bersama

Sebuah studi yang dimuat dalam Psychology Today menyebutkan bahwa pasangan yang sering melakukan aktifitas olahraga secara bersama-sama ternyata memiliki hubungan pernikahan yang lebih langgeng daripada mereka yang tidak. Tentunya berolahraga bersama tidak hanya akan membuat pasangan lebih sehat tapi lebih bahagia dan intim. Tidak percaya? Coba saja!

 

  1. Jangan Remehkan Hal Kecil

Mengucapkan terima kasih atau maaf serta kata tolong juga sebenarnya tidak boleh dilupakan meskipun seseorang telah menikah denganmu. Pasangan yang baik tidak meremehkan hal-hal kecil yang dilakukan atau diberikan oleh pasangan karena hal tersebut bisa membuat pasangan merasa dihargai dan hubungan makin langgeng dan bahagia.

  1. Menyelesaikan Masalah Bersama

Konflik dalam rumah tangga maupun masalah yang dihadapi seorang suami juga meripakan masalah istri dan sebaliknya. Pasangan yang bahagia biasanya tidak cuek terhadap masalah yang dialami oleh pasangannya dan juga bersikap peduli. Menyelesaikan masalah bersama juga akan sangat membantu dan tentunya membuat pasangan menjadi semakin erat dan dapat mengandalkan satu sama lain.

  1. Bekerja Sama Dalam Mengurus Rumah Tangga

Meskipun suami dan istri punya kewajiban masing-masing dalam rumah tangga, tidak ada salahnya jika saling membantu pekerjaan satu sama lain. Suami bisa sesekali membantu istri untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan demikian juga istri bisa meringankan beban pekerjaan suami jika ia mampu mengerjakannya. Rumah tangga memang ibarat team work jadi sebisa mungkin lakukanlah hal-hal yang bisa membantu pasangan untuk membantu pekerjaannya.

  1. Pergi Liburan Berdua

Pergi berlibur sejenak bersama pasangan juga bisa membuat hubungan pernikahan semakin erat. Begitu juga dengan bepergian sendiri. Tidak ada salahnya jika suami atau istri sesekali pergi berlibur sendiri atau bersama keluarga lainnya dan tidak bersama pasangan. Hal ini diyakini dapat membuat seseorang lebih bersemangat dan antusias ketika kembali pada pasangannya dirumah. Jadi, jangan larang istri atau suami jika ia ingin berlibur sendiri bersama kolega atau keluarganya, ya!

  1. Menjaga Perkataan

Perkataan yang keluar dari lidah memang ibarat pedang yang bisa melukai hati seseorang. Sebaiknya hati-hati berbicara pada pasangan karena jika ia merasa tersinggung maka luka akibat perkataannya itu bisa membuatnya sakit. Tidak hanya itu, menjalani kehidupan yang sederhana tanpa merasa iri dan membanding-bandingkan rumah tangga yang dijalani dengan rumah tangga orang lain yang mungkin terlihat mewah juga akan membuat pernikahan bertahan lama.

  1. Tetap Hangat Dalam Hubungan Intim

Selain memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, melakukan hubungan intim bersama suami istri bisa membuat hubungan tetap langgeng dan terhindar dari perselingkuhan. Meskipun usia Anda dan pasangan bertambah, sebaiknya jangan loyo untuk urusan yang satu ini.

  1. Memaklumi Perubahan Fisik

Satu hal yang pasti saat menjaga hubungan diantara suami dan istri adalah memaklumi perubahan fisik satu sama lain. Semakin tua seorang istri mungkin kulitnya akan semakin berkerut atau badannya akan semakin gemuk begitu juga suami. Jadi jangan terlalu memikirkan fisik dan penampilan pasangan, seberapa tua ia katakanlah bahwa ia tetap terlihat cantik atau tampan dan kamu tetap mencintainya.

 

Setidaknya dengan memahami dan mempraktikkan 9 hal ini rumah tangga akan aman hingga hari tua. Selamat mencoba. [ ]

4

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

 

945

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *