Doa Untuk Orang Tua, Ini Yang Diajarkan Rasul

JAKARTA,BIO.COM – -Doa Untuk Orang Tua Dan Keluarga, Para anak muslim dan muslimah, kedua orang tua adalah orang yang paling berjasa dalam hidup kita. Mereka lah yang merawat kita sejak lahir hingga tumbuh dewasa tanpa meminta imbalan sedikitpun. Tanpa mereka, belum tentu kita bisa seperti sekarang ini karena kedua orang tua kita lah yang selalu siap merawat kita jika jatuh sakit. Mereka setiap harinya juga mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup kita sejak kecil.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang shaleh.” (HR. Muslim no. 1631).

Hubungan antara anak dan orang tua sampai kapanpun tidak akan terputus di dunia ini. Hadits diatas menjelaskan apabila seseorang meninggal dunia, semua amalannya akan terputus kecuali tiga perkara yaitu yang pertama sedekah jariyah, kedua ilmu yang bermanfaat, ketiga adalah anak yang selalu mendoakan kedua orang tuanya.

Walaupun orang tua kita tidak meminta balasan atas pengorbanan mereka kepada kita sebagai anak, namun sudah kewajiban kita untuk selalu menghormati, menyayangi dan berbakti kepada orang tua kita walaupun semua yang kita berikan tak akan mampu membalas semua pengorbanan dan kasih sayang mereka. Salah satu kewajiban seorang anak kepada orang tuanya ialah mendoakan mereka, baik yang masih ada maupun yang sudah tiada (meninggal dunia).

Berikut ini adalah bacaan doa untuk kedua orang tua lengkap dengan latin dan artinya:

Bacaan Doa untuk Kedua Orang Tua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa.

Artinya: “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”.

Bacaan Doa Memohon Ampunan untuk Kedua Orang Tua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati Al ahyaa’i minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil’aliyyil adhiimi.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu”.

Itulah bacaan doa untuk kedua orang tua dan doa memohon ampunan untuk kedua orang tua. Para anak muslim dan muslimah, kita sebagai anak mempunyai kewajiban untuk berbakti kepada kedua orang tua, berikut ini adalah hal-hal yang perlu kita lakukan dalam berbakti kepada orang tua yaitu ibu dan bapak kita. [ ]

Sumber: anakmuslimstudio.com

4

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

960

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *