Tips Mendidik Anak Agar Taat Kepada Orangtua

JAKARTA,BIO.COM – – Ada sebagian orang tua yang beranggapan bahwa anak tidak perlu terlalu diatur dengan ketat sejak dini. Nanti juga kalau sudah besar bisa paham sendiri. Padahal hal tersebut adalah pemahaman yang salah.

 

Anak adalah amanah dari Allah yang harus dijaga dan diberikan pemahaman terkait ketaatan sedini mungkin. Jangan sampai kita menyesal setelah anak dewasa dan ternyata jauh dari harapan kita.

 

Berikut nasihat dari Ustadz Felix Siauw terkait mendidik anak :

Taat Sejak Dini

Berkali-kali saya dihadapkan pada problem yang sama, “Anak saya pacaran dengan yang non-Muslim, dan sekarang mereka ingin menikah, bagaimana ya ustadz sebaiknya?”

 

Banyak orang yang tidak paham, bahwa masalah itu tidak pernah datang secara instan, maka tidak mungkin pula selesai secara instan, semua ada prosesnya.

 

Bila sudah akut, baru datang ke ustadz atau ulama, berharap ulama dan ustadznya bisa menyelesaikan dalam sekejap, bak sulap, padahal tidak begitu sebetulnya.

 

Tiap maksiat anak yang beranjak dewasa, biasanya karena kesalahan didik sewaktu kecil, saat orangtua masih memiliki anak itu 100%, dibawah pengasuhannya.

 

Saat kecil aqidahnya tidak ditanamkan, tidak diajarkan untuk mencintai Allah, Rasul dan Al-Quran serta As-Sunnah, tidak pernah dibimbing untuk mengenali agamanya.

 

Sebaliknya, orangtua dengan bangga menyekolahkan anaknya di kurikulum amerika, gaya inggris atau minimal cara singapura, lengkap dengan gaya hidupnya di sekolah.

 

Saat ingin dikenalkan dengan agama, orangtuanya bilang “Nanti saja kalau sudah gede, masih kecil kasihan”, sementara dia tidak kasihan kecil-kecil dikenalkan budaya asing.

 

Maka sudah dewasa, wajar bila ia berpikir bukan dengan cara Islam, tidak menganggap penting agama, yang penting cinta, yang penting aku senang, suka sama suka.

 

Mudahnya, bila sejak kecil seorang Muslimah tidak dikenalkan bahwa hijab adalah pakaiannya, dan kewajibannya, setelah dewasa dia lebih sulit menyesuaikan diri.

 

Bila dia tak berhijab, tentu yang menyukai bukan yang salih, begitu pula dengan pergaulannya. See, kita membentuk anak kita dari kecil, bukan setelah dewasa.

 

Ingin memanen mangga? Tanamlah biji mangga. Jangan harap bisa memanen durian padahal menanam biji kedelai. Dan hidup bukan swalayan yang semua bisa dibeli.

 

Ajarkan anak taat dari dini, tak ada kata terlalu cepat untuk taat, sebagaimana tak ada terlambat untuk berhenti maksiat. Kenalkan Islam sejak awal, agar kita selamat. [ ]

Sumber: muslimahzone.com

4

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

760

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *