Malam Nuzulul Quran, Ini Keutamaan Orang Yang Membaca Al Quran

JAKARTA,BIO.COM – – Malam Nuzulul Quran,Peringatan Nuzulul Quran, Keutamaan Di Malam Nuzulul Quran, Setiap malam tanggal 17 Ramadhan peringatan nuzulul Qur’an,umat Islam sedunia memperingatinya dengan memperbanyak amal sholeh,terutama memperbanyak bacaan alquran.Bulan Romadhon adalah bulanya  Al AlQuran, hendaknya kita tahu keutamaan al Qur’an.berdasarkan hadits  Rasul Saw: yaitu

  1. Sebaik-baik kamu adalah orang yang belajar Alquran dan mengajarkanya ” (HR.Bukhori)

Al Quran merupakan ilmu yang paling utama dan paling mulia oleh karena itu orang yang mempelajari dan mengajarkanya adalah orang yang terbaik di sisi Alloh swt.

  1. Al Quran adalah sebaik-baik ucapan Allah sebaik-baik perkataan Allah berfirman:

“Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik yaitu Al Quran. (QS Az Zumar: 23)

Rosul saw bersabda: Sesungguhnya sebaik2 ucapan adalah kitab Alloh,sebaik2 petunjuk adalah petunjuk Muhammad,seburuk2 urusan adalah perbuatan yang diada-adakan dalam agama dan semua bid’ah adalah sesat

.(HR. Muslim)

Imam Syafi’i dan ulama lainnya berpendapat bahwa membaca Al Quran merupakan dzikr yang paling utama.

  1. Orang yang mahir membaca Al Quran akan bersama para Malaikat.Rosul saw bersabda :

“Orang yang lancar membaca Alquran akan bersama malaikat utusan yg mulia lagi berbakti,sedangkan orang yang membaca AlQuran dengan tersendat2 lagi berat,maka ia akan mendapatkan dua pahala.

(HR. Muslim)

Orang yang tersendat2 dalam membaca Alquran mendapatkan 2 pahala adalah hasil dari membaca Alquran dan karena telah bersusah payah agar bisa membaca Al Quran.

  1. Orang yang membaca AlQuran diibaratkan seperti buah utrujjah yang luarnya wangi dan dalamnya.

Rosul bersabda:

“Perumpamaan orang mukmin yang membaca Alquran adalah seperti buah utrujjah; aromanya wangi dan rasanya enak.Orang mukmin yang tidak membaca Alquran adalah seperti buah kurma;tidak ada wanginya,tetapi rasanya manis.Orang munafik yang membaca AlQuran adalah seperti tumbuhan raihaanah kemangi; aromanya wangi tetapi rasanya pahit, sedangkan orang munafik yang tidak membaca Alquran adalah seperti tumbuhan hanzhalah;tidak ada wanginya dan rasanya pahit.

(HR. Bukhari-Muslim)

  1. Al Quran akan memberi syafaat kpd para pembacanya.

Rasulullah saw.bersabda:

Bacalah AlQuran,karena ia akan datang pada hari kiamat memberikan syafaat kepada pembacanya.”

(HR. Muslim)

  1. Membaca satu atau dua ayat AlQuran lebih baik daripada memperoleh satu atau dua ekor onta yang besar.
  2. Rahmat dan ketentraman akan turun ketika berkumpul Rosul saw bersabda :Tidaklah berkumpul sebuah kaum di salah satu rumah Alloh,mereka membaca kitab Alloh dan mempelajarinya,

kecuali akan turun ketentraman kepada mereka, diliputi oleh rahmat, dikelilingi oleh para malaikat dan Alloh akan menyebut mereka ke hadapan makhluk di sisi-Nya.(HR. Muslim)

  1. Karena kemuliaan AlQuran, tidak pantas bagi yang telah menghapalnya mengatakan “Saya lupa ayat ini dan itu”atau mengatakan “Ayat ini telah terlupakan.Rosul saw bersabda “Janganlah salah seorang di antara kamu berkata:Saya lupa ayat ini dan ini”bahkan ayat itu telah dilupakan.”

(HR. Muslim)

  1. Membaca satu huruf AlQuran akan memperoleh 10 kebaikan.Rasul saw bersabda :

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Alloh, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi 10.Aku tidaklah mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf,lam satu huruf dan Mim satu huruf.(HR. Tirmidzi). AlQuran merupakan tali Alloh.

Ali bin Abi Thalib berkata,AlQuran adalah Kitabulloh,di dalamnya terdapat berita generasi sebelum kalian,berita yang akan terjadi setelah kalian dan sebagai hukum di antara kalian.barangsiapa membacanya Dialah tali Alloh yang kokoh,peringatan yang bijaksana dan jalan yang lurus.

Dengan AlQuran hawa nafsu tidak akan menyeleweng dan lisan tidak akan rancu.

Dialah AlQuran,di mana jin tidak berhenti mendengarnya sehingga mereka mengatakan; “Sungguh kami mendengar AlQuran yang penuh keajaiban, menunjukan ke jalan lurus,maka kami beriman kepadanya.

Barangsiapa yang berkata denganya pasti benar, barangsiapa beramal denganya pasti diberi pahala, barangsiapa berhukum dengannya pastilah adil,dan barangsiapa mengajak kepadanya pastilah ditunjuki ke jalan yang lurus.”

11.Pembaca AlQuran akan ditinggikan derajatnya.

Rosul bersabda Akan dikatakan kepada pembaca AlQuran Bacalah dan naiklah (ke derajat yang tinggi) serta tartilkanlah sebagaimana kamu mentartilkanya ketika di dunia,karena kedudukanmu pada akhir ayat yang kamu baca.(HR. Tirmidzi)

  1. Dengan AlQuran,Alloh meninggikan suatu kaum dan dengannya pula Alloh merendahkan suatu kaum.

Rosul  bersabda :

“Sesungguhnya Alloh meninggikan suatu kaum karena AlQuran ini dan merendahkan juga karenanya

.(HR.Muslim)

Yakni bagi orang yang mempelajari AlQuran dan mengamalkan isinya, maka Alloh akan meninggikanya. Sebaliknya, bagi orang yang mengetahuinya, namun malah mengingkarinya, maka Alloh akan merendahkannya.

  1. Orang yang membaca AlQuran secara terang2an seperti bersedekah secara terang2an Rosul bersabda :“Orang yang membaca AlQuran terang2n seperti orang yang bersedekah terang2 dan orang

Yang membaca Alquran secara tersembunyi seperti orang yang bersedekah secara sembunyi.”

(HR. Abu Dawud,Tirmidzi dan Nasa’i).

Demikianlah diantara 13 kemuliaan alQuran sengaja saya bahas dalam menyambut nuzulul Quran.Semoga alQuran yang kita baca dapat menemani kita di alam kubur semoga kita diberikan kesehatan lahir dan banthin. [ Berbagai sumber]

 

Ramadhan Bulan Wakaf Al Quran, hubungi: 08112202496

3

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

821

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *