Hukum Menikah Saat Hamil Duluan, Sah atau Tidak ?

JAKARTA,BIO.COM – – Hukum Menikah Saat Hamil 3 Bulan,Hukum Menikah Saat Hamil Duluan,Hukum Menikah Saat Hamil 8 Bulan,Hukum Menikah Saat Hamil Menurut Agama

 

TANYA:

Assalamu’alaykum. Mohon maaf mau bertanya, saya dan pacar melakukan hubungan suami istri sebelum menikah. Dari hubungan intim tersebut akhirnya saya hamil. Menginjak usia kehamilan 3 bulan saya dan pacar dinikahkan. Apakah pernikahan kami sah? Apakah kami setelah menikah boleh berhubungan suami istri mengingat saya hamil sebelum menikah? Bagaimana status anak nanti ? Mohon penjelasannya ( F via email)

 

 

JAWAB:

Wa’alaykumsalam. Perempuan hamil di luar nikah berbeda dengan perempuan hamil dalam masa iddah atau ditinggal mati suaminya. Untuk mereka yang hamil dalam masa iddah atau ditinggal mati suami, pernikahan mereka tidak sah. Mereka boleh menikah lagi setelah melahirkan dan habis masa nifas.

Sedangkan perempuan hamil di luar nikah, tidak memiliki iddah. Karena, masa iddah hanya milik mereka yang menikah. Jadi pernikahan perempuan hamil di luar nikah tetap sah. Demikian diterangkan Syekh M Nawawi Al Bantani dalam karyanya, Qutul Habibil Gharib, Tausyih ala Fathil Qaribil Mujib.

 

ولو نكح حاملا من زنا، صح نكاحه قطعا، وجاز له وطؤها قبل وضعه على الأصح

Artinya: “Kalau seorang pria menikahi perempuan yang tengah hamil karena zina, maka akad nikahnya secara qath’i sah. Menurut pendapat yang lebih shahih, ia juga tetap boleh menyetubuhi istrinya selama masa kehamilan.”

Meskipun demikian, Islam secara keras mengharamkan persetubuhan di luar nikah. Hamil, tidak hamil, atau dicegah hamil sekalipun. Karena, perbuatan keji ini dapat merusak pelbagai aspek. Jangan sampai ada lagi bayi-bayi suci teronggok bersama lalat dan sampah.

 

Namun demikian Anda berdua harus terus bertaubat dan memohon ampun kepada Allah karena telah melaukan dosa besar yakni berzina. Meski akhirnya Anda berdua menjadi suami istri. Wallahu A’lam.

 

Sumber: nu.or.id

3

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

890

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *