Di Mana Nabi Adam Dimakamkan?

Usia hidup Nabi Adam hingga meninggal terdapat beberapa pendapat.

 

BIO.COM – Sebelum wafat, Nabi Adam a.s. telah berwasiat kepada Nabi Syits—yang tak lain adalah putranya—untuk meneruskan kepemimpinannya. Dalam kitab Al Bidayah wa an Nihayah 1/119, dijelaskan Nabi Adam meninggal pada hari Jum’at. Meski terkait usia hidup Nabi Adam hingga meninggal terdapat beberapa pendapat.

 

Ada yang berpendapat 930 tahun, 957 tahun dan ada juga yang berpendapat 1000 tahun. Namun di kitab Al Bidayah wa an Nihayah dijelaskan ketika Nabi Adam hendak menemui ajalnya, para malaikat datang dan membawa ramuan pengawet mayat dan kain kafan yang diambil dari surga. Dan saat nabi Adam wafat, terjadilah gerhana matahari dan gerhana bulan masing-masing tujuh hari tujuh malam. Malaikat pun mencabut nyawa Nabi Adam, memandikannya, mengkafani, memberi obat jenazah, menshalatkan, hingga memakamkannya.

 

Lalu di manakah nabi Adam di makamkan?

 

Foto-foto yang menyebut makam nabi Adam pun pernah viral di dunia maya dan menggegerkan netizen. Namun, foto tersebut ternyata hoax. Foto sebuah makam yang viral itu ternyata adalah maka. nabi Imron a.s di Salalah, Oman. Sementara makam nabi Adam sendiri terdapat beberapa pendapat.

 

BACA JUGA: 5 Upaya Pencurian Jasad Rasulullah SAW yang Gagal

 

Menurut keterangan Ibnu Asakir dari berbagai sumber Nabi Adam dimakamkan di Al Quds. Ibnu Asakir menyebutkan bahwa kepala nabi Adam di Masjid Ibrahim. Sementara kedua kakinya di lembah Baitul Maqdis. Sementara pendapat lainnya menyebut Nabi Adam dimakamkan di India.

 

“Ketika terjadi banjir bah pada zaman Nabi Nuh a.s. jenazah Adam dan Hawa dibawa serta oleh Nabi Nuh a.s. di dalam sebuah kotak dan kemudian dikuburkan ditambah Baitul Maqdis,” dalam Al Bidayah wa an Nihayah 1/119 yang dikutip oleh Jihad Muhammad Hajjaj dalam Umur dan Silsilah Para Nabi. Baitul Maqdis juga menjadi tempat suci dimana Nabi Muhammad SAW diangkat ke Sidratul Muntaha dalam peristiwa Isra Mi’raj.

 

Al Aqsa pun pernah menjadi kiblat umat Islam sebelum kemudian dialihkan ke Ka’bah di Masjidil Haram.Sementara menurut kitab Qashashul Anbiya yang dikutip oleh Bambang Pranggono dalam buku Percikan Sains Dalam Al Qur’an menjelaskan bahwa Nabi Adam dimakamkan di antara Hebron dan Yerusalem. Wallahu’alam.

 

 

Sumber: republika.co.id

4

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

420

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *