Anak Bunda Dibully? Begini Cara Mengatasinya

JAKARTA, BIO.COM— Bullying masih merajalela di lingkungan sekitar, bahkan tanpa disadari hal ini mungkin pernah menimpa Anda. Kalimat “stop bullying” saja tidak cukup untuk menghentikannya. Cepat atau lambat bullying yang terjadi secara fisik maupun verbal dapat memberikan dampak yang buruk bagi kehidupan Anda dalam jangka pendek maupun panjang.

Penulis studi Pediatrics sekaligus asisten profesor human development and family studies di University of Delaware, Valerie Earnshaw, mengatakan, “Mengembangkan konsep diri dan rasa percaya diri yang kuat masih sangat mungkin dilakukan oleh mereka korban bullying.”

Berikut ini adalah langkah yang bisa diambil untuk melawan bullying yang menimpa kerabat atau diri Anda:

1. Meminta bantuan orang terdekat

Studi menunjukkan bahwa mereka yang memiliki hubungan kuat dengan orang terdekat akan bersikap lebih tegar. Earnshaw juga mengatakan orang terdekat dapat membantu Anda mengatasi bullyingdan mendiskusikannya tentang tata cara teknik laporan kepolisian, membuat rencana menghadapi kekerasan, mengembangkan keterampilan sosial yang dapat membangun rasa percaya diri, serta menawarkan semangat dan dukungan.

2.Cari dukungan sosial di tempat lain

Orang yang melakukan bullying berusaha untuk mengisolasikan target mereka dari lingkungan sosial. Jika Anda merasa kesepian, itu adalah desain dan rencana mereka. Untuk mengatasi keadaan itu, cobalah untuk mencari dukungan dari teman, klub olahraga, dan socialnetworks lainnya. Yang Anda butuhkan adalah dukungan emosional dan dukungan dari grup yang lebih besar. Jangan pernah takut jika mendapat ancaman dari pelaku bullying, karena Anda masih memiliki banyak teman yang ingin membantu.

3.Buatlah rencana untuk mengatasi bullying

Saat Anda pernah mengalami bullying dan khawatir menghadapinya karena merasa rentan, hal ini dapat membuat Anda menjadi lebih waspada. Jangan biarkan insting ini menimbulkan kegelisahan dalam diri Anda, tapi jadikanlah insting ini sebagai awal untuk membuat rencana. Jangan hanya diam, lakukan sesuatu agar bullying yang Anda khawatirkan tidak terjadi.

4.Berbicara dengan pakar profesional

Orang yang mengalami bullying biasanya memiliki gejala depresi, keinginan bunuh diri, atau bahkan melakukan kekerasan pada dirinya sendiri. Mereka juga biasanya memiliki gangguan kesehatan seperti sakit kepala, sakit perut, dan sakit punggung. Gejala inilah yang biasanya tidak dapat diatasi oleh diri Anda sendiri dan dapat berakibat fatal. Carilah pakar kesehatan psikologis atau dokter spesialis yang dapat membantu Anda mengatasi gejala-gejala tersebut.

5.Hindari stigma negatif

Jangan biarkan pelaku bullying menanamkan stigma negatif pada diri Anda. Lupakanlah hal negatif yang mereka katakan tentang diri Anda. Fokuslah pada kelebihan Anda, bukannya terpuruk dalam kekurangan diri sendiri. Don’t listen to what they say, you’re special.

BACA JUGA: Cara Mengasuh Anak Menurut Islam

6. Fokus pada hal positif
Sesederhana hiking bersama teman, mengasah kreativitas dengan membuat benda diy,merajut, atau berolahraga. Dengan begini, semoga Anda dapat mengambil langkah terbaik untuk mengatasi bullyingand living a healthy, happy life.

Sumber: womantalk

 

4

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

420

Like Fanpage Kami untuk Artikel Terbaru! Berita Islam Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *