Kekuatan Doa: Peran Dan Keutamaan Doa dalam Kehidupan

Jakarta, BIO.COM—Doa menduduki peranan penting dalam kehidupan manusia. Dengan doa, kita dapat hidup dengan bahagia, membina kerukunan dan keharmonisan rumah tangga. Doa memiliki kekuataan dan peranan yang sangat erat dalam kehidupan manusia. Selain itu, doa memiliki berbagai keutamaan.

Paling tidak, ada empat keutamaan doa, yaitu:
  1. Dicintai Allah swt karena Allah swt. sangat mencintai orang-orang yang rajin berdoa

Terkadang sebagian orang merasa malu jika memiliki masalah dalam rumah tangga untuk diceritakan kepada Allah swt. Mereka merasa rendah diri di hadapan Allah swt dan tidak mau merepotkan Allah. Padahal Allah swt maha mendengar segala doa dan keluh kesah kita kepada-nya sebagaimana tertuang dalam hadits, “mintalah anugerah kepada Allah. Sesungghuhnya Allah senang untuk dimita” (H.R. Tirmidzi)

Sebaliknya Allah swt justru akan sangat murka terhadap orang-orang yang tidak pernah atau enggan berbdoa. Hal tersebut secara jelas tertuang dalam keterangan, “Barang siapa yang tidak berdoa kepada Allah, maka Allah murka kepadanya” (H.R. Tirmidzi)

  1. Doa merupakan ekspresi kerendahan hati seorang hamba di hadapan Tuhannya

Jika kita rajin berdoa, berarti kita merasa butuh pertolongan allah swt. Sementara jika kita tidak pernah berdoa, berarti kita angkuh, seolah-olah seluruh persoalan hidup bisa diselesaikan tanpa kekuatan dan pertologan-nya.

Faktanya manusia adalah makhluk lemah yang teramat bergantung pada kuasa dan pertolongan allah swt. Oleh karena senantiasa berdoalah, paling tidak sebagai ekspresi syukur dan kerendahan hati atas segala nikmat yang telah dianugerahkan-Nya. Allah berfirman dalam Q.S. Gafir Ayat 60

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادۡعُوۡنِىۡۤ اَسۡتَجِبۡ لَـكُمۡؕ اِنَّ الَّذِيۡنَ يَسۡتَكۡبِرُوۡنَ عَنۡ عِبَادَتِىۡ سَيَدۡخُلُوۡنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيۡنَ

Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

  1. Doa merupakan ekspresi kedekatan seorang hamba dengan Tuhannya

Orang-orang yang merasa dekat dengan allah swt. Akan sering bedoa, memohon, dan meminta. Jika kita sebagai hamba tidak memiliki kedekatan dengan Allah, maka kita akan mudah terperdaya ajakan setan dan hal tersebut akan menjauhkan kita dari hidayah-Nya.

Allah berfirman dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 186

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

  1. Doa merupakan senjata orang beriman

Doa dapat menjadi benteng bagi kita untuk menghalangi godaan setan. Rasulullah SAW. bersabda, “Maukah aku tunjukan pada kalian sesuatu yang dapat menyelamatkan kalian dari musuh-musuh dan memudahkan turunnya rezeki bagi kalian? Maka bedoalah kalian pada Allah pada waktu malam dan siang. Karena, sesungguhnya doa ialah senjata orang-orang beriman” (H.R Abu Ya’la)

Sumber: Insya Allah Sakinah Oleh Ustadz. Dr. Aam Amirudin, M.Si

2

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

922

Like Fanpage Kami untuk Artikel Terbaru! Berita Islam Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *