Makna Sumpah Pemuda dan Peran Pemuda dalam Islam

Jakarta, BIO.COM— Tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda di Indonesia. Tahun 2019 ialah peringatan ke-91 tahun Sumpah Pemuda di Indonesia. Sejarah mencatat bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 para pemuda dari seluruh Indonesia mengikrarkan bertanah air satu, berbangsa satu, berbahasa satu: Indonesia.
Bagaimana peran pemuda dalam Islam dan apa makna sumpah pemuda dalam pandangan Islam?

Pemuda dalam Islam memiliki peran dan keutamaan tersendiri. Allah berfirman dalam Qurat Surat Yunus: 30

فَمَا آمَنَ لِمُوسَىٰ إِلَّا ذُرِّيَّةٌ مِنْ قَوْمِهِ عَلَىٰ خَوْفٍ مِنْ فِرْعَوْنَ وَمَلَئِهِمْ أَنْ يَفْتِنَهُمْ ۚ وَإِنَّ فِرْعَوْنَ لَعَالٍ فِي الْأَرْضِ وَإِنَّهُ لَمِنَ الْمُسْرِفِينَ

“Maka tidak ada yang beriman kepada Musa, melainkan pemuda-pemuda dari kaumnya (Musa) dalam keadaan takut bahwa Fir’aun dan pemuka-pemuka kaumnya akan menyiksa mereka. Sesungguhnya Fir’aun itu berbuat sewenang-wenang di muka bumi. Dan sesungguhnya dia termasuk orang-orang yang melampaui batas.”

Pada ayat diatas Allah memberikan puji kepada kaum Nabi Musa a.s yang berani mentang Fir’aun pada saat itu dan para pengikut Nabi Musa) adalah pemuda. Para pemuda yang berasal dari kaum firaun ini memercayai nabi musa dan ajaran agama yang dibawanya.

Rasulullah Saw. bersabda bahwa ada 7 golongan yang akan mendapatkan naungan dari Allah swt. Salah satunya ialah pemuda yang taat kepada Allah. Pemuda  memiliki hawa nafsu yang begitu tinggi terutama pada yang bersifat duniawi sehingga menyebabkan mereka lalai dari akhirat. Oleh karena itu,  pemuda yang rajin beribadah dan taat kepada allah merupakan golongan yang akan mendapatkan naungan Allah pada hari kiamat.

Pemuda yang taat kepada tuhannya, maka ia juga akan selalu berbuat kebaikan dan menjauhi kemunkaran. Di dalam sumpah pemuda terdapat banyak nilai dan makna yang positif, diantara ialah Nilai patriotisme, gotong-royong, musyawarah untuk mufakat, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan, kerukunan, kerja sama, cinta damai, serta tanggung jawab.

Dengan diperingatinya hari sumpah pemuda semoga dapat menggerakan seluruh pemuda Islam di Indonesia untuk menegakan syiar dan dakwah Islam. Salah satunya dengan cara tidak menyia-yiakan masa muda dengan hal-hal yang dilarang dan mendatangkan murka dari Allah SWT.  Selain itu, semoga para generasi muda Indonesia dapat membawa negara ini ke arah perubahan yang lebih baik.

Sumber: Tirto.id, Islamkita.weebly.com

Ilustrasi foto: shutterstock

3

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

922

Like Fanpage Kami untuk Artikel Terbaru! Berita Islam Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *