Ibadah Pengapus Dosa Kecil Maupun Dosa Besar

Jakarta, BIO.COM—Manusia yang baik bukanlah yang tidak pernah berbuat kesalahan dan dosa sama sekali. Manusia yan terbaik adalah mereka yang senantiasa bertobat saat berbuat dosa.

Sudah menjadi tabiat bahwa mausia tidak akan lepas dari khilaf dan dosa. Manusai akan terus digoda setan untuk melakukan perbuatan yang melanggar ketentuan allah saw. dosa dibagi menjadi dua jenis yaitu dosa kecil dan dosa besar. Dosa kecil bisa terhapus dengan amal saleh. Namun dosa besar hanya bisa dihapuskan dengan tobat yang sebenar-benarnya. Berikut adalah amalan yang bisa kita lakukan untuk membersihkan diri dari segala dosa, terutama dosa kecil yang kadang kita tidak sadari. Ibadah berikut dapat membersihkan hati kita dari perbuatan dosa yang dirasa maupun tidak.

Rasulullah saw. bersabda, “Hati-hatilah terhadap dosa kecil karena apabila sering dilakukan maka akan merusakknya (akan menjadi dosa besar)” [H.R. Ahmad]

  1. Shalat

Shalat merupakan kunci dari seluruh ibadah dan amal lainnya. Jika kita berhasil melakukannya dengan baik, akan sangat memengaruhi pada ibadah dan amal yang lainnya. Jika kita ingin Allah Swt. memaafkan dan memelihara kita dari semua perbuatan dosa yang terkadang sudah tidak kita rasa, maka kita harus berusaha memperbaiki kekhusyukan shalat.

  1. Shaum

Shaum adalah perisai. Seornag hamba yang rajin melaksanakan shaum berarti telah membentengi dirinya dari perbuatan-perbuatan tercela. Shaum bisa menjadi perisai dari dosa jika dilaksanakan dengan ikhlas dan mengharapkan ridho Allah Swt. Serta senantiasa merasa diawasi dan dilihat oleh-Nya. Selain itu, shalom juga merupakan bentuk ketaatan pada syaruat Allah dengan meinggalkan segala bentuk kemaksiatan dan kesia-siaan, serta beruaha senantiasa mengandalikan hawa nafsu.

  1. Haji dan umrah

Ibadah haji dan umrah merupakan salah aru cara untuk memelihara diri dari banyaknya dosa yang kadang luput dari ingatan kita. Namun, sebagaimana ibadah yang lainnya, ibadah ini hanya akan mendatangkan paahala jika dilakukan dengan keikhlasan untuk mencari keridhoan Allah, bukan untuk mendapatkan gelar dan kehormatan dalam masyarakat.

  1. Bersedekah

Bersedekah atau berinfak merupakan buah dari keimana dan tanda keyakinan kepada-Nya. Dengan rajib berinfak, kita meyakini bahwa Dia semata yang memberi kehidupan dan merupakan manifestasi keimanan kepada Allah Swt. dan hari akhir.

  1. Memperbanyak istighfar

Dzikir merupakan amalan terbaik yang bisa mendekatkan seorang hamba kepada tuhannya. Ia merupakan kunci semua kebaikan. Jika seornag hamba menjaga dzikir dan selalu berlindung kepada Allah, hatinya akan merasakan ketenangan. Salah satu bagian dari dzikir adalah istighfar. Istighfar memiliki makna meminta kepada Allah agar kita ditutupi dari akibat dosa yang pernah kita lakukan.

Sumber: Ketika Dosa Tak Dirasa oleh Ustadz Dr. Aam Amirudin, M.Si

Ilustrasi foto: pixabay

3

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

922

Like Fanpage Kami untuk Artikel Terbaru! Berita Islam Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *