Jejak Peradaban Islam di Selatan Eropa: Spanyol

Jakarta, BIO.COM— Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa Islam pernah Berjaya di Eropa terutama di Spanyol pada masanya. Simak jejak peninggalam Islam di Spanyol berikut ini!

Jika kita mendengar tentang Eropa, pasti sudah terbayang bagaimana budaya barat yang sangat kental di sana. Mayoritas orang Eropa kini memeluk agama kristiani. Namun, dahulu kala Islam pernah mencatat kan sejarah yang amat membanggakan di Selatan Eropa. Di kota Andalusia, Spanyol tepatnya peradaban Islam mulai berkembang. Hingga kini jejak dan bukti peradaban Islam pun masih bisa kita temukan dan telah menjadi situs sejarah berharga sekaligus objek wisata.

Selama lebih dari tujuh abad, dari 8 M sampai 15 M, peradaban Islam pernah berakar kuat di Spanyol. Wilayah kekuasaan Islam itu lebih dikenal dengan Andalusia. Islam mulai memasuki negeri ini pada masa Khalifah Al-Walid dari Dinasti Umayyah yang berpusat di Damaskus.

Berikut merupakan jejak dan bukti peninggalannya di Spanyol yang menjadi saksi sejarah peradaban Islam di Eropa.

  1. Granada

Granada merupakan kerajaan Islam terakhir yang berkuasa di Spanyol. Di kota ini, Sultan Muhammad bin al-Ahmar mendirikan kerajaan Bani Ahmar. Pada puncak keemasannya, dinasti ini berhasil mendirikan bangunan yang monumental dan menjadi simbol kejayaan Islam yaitu istana Alhambra.

Nama Alhambra sendiri diambil dari bahasa Arab, hamra, bentuk jamak dari ahmar yang berarti merah. Dinamakan istana Alhambra karena istana ini banyak dihiasi ubin-ubin dan bata-bata berwarna merah, serta penghias dinding yang agak kemerah-merahan dengan keramik yang bernuansa seni Islami, selain marmer-marmer yang putih nan indah.

Istana Alhambra dikelilingi oleh benteng dengan plesteran yang kemerah-merahan. Yang unik lagi pada bagian luar dan dalam istana ini ditopang oleh pilar-pilar panjang sebagai penyangga dan penghias istana. Dinding luar dan dalam istana banyak dihiasi kaligrafi dan ukiran khas yang sangat sulit dicari tandingannya hingga kini.

  1. Cordoba

Cordoba terletak di sebelah selatan Spanyol dan merupakan salah satu kota yang paling banyak memiliki peninggalan sejarah Islam. Kota ini pernah menjadi ibu kota pemerintahan Bani Umayah di Spanyol dari tahun 711 sampai 1039 M.

Di Cordoba, ada Mezquita Cathedral atau Masjid Cordoba. Bangunan yang dialihfungsikan sebagai Katedral Cordoba ini awalnya merupakan sebuah gereja bernama Katedral Saint Vincent yang dibangun tahun 600 M. Ketika Islam berhasil menaklukan Spanyol, gereja tersebut diubah menjadi Masjid.

Masjid Cordoba dibangun pertama kali oleh Abdurrahman I pada tahun 787 M. kemudian diperbesar beberapa kali oleh penerusnya. Di gerbang utama Masjid Cordoba terdapat menara yaitu Torre de Alminar, dengan tinggi sekitar 93 m. Dulunya, menara ini digunakan untuk adzan, tapi sekarang menjadi tempat bergantungnya lonceng Baroque.

  1. Sevilla

Kota ini merupakan salah satu saksi kejayaan Islam. Ada beberapa bangunan yang sangat kental dengan arsitektur Islam. Pertama, Menara Giralda. Giralda merupakan salah satu menara terindah di benua Eropa. Menara ini dulunya adalah minaret atau menara Masjid yang kini beralih fungsi sebagai menara lonceng Katedral Sevilla.

Kemudian ada Alcazar Sevila yang lokasinya tak jauh dari menara La Giralda. Bangunan spektakuler ini ornament dindingnya memuat skrip berbahasa Arab termasuk frasa Wa La Ghalib ill Allah artinya Tiada pemenang kecuali Allah. Arsitektur ini merupakan refleksi dari arsitektur yang sejenis di istana Alhambra.

Mulanya, istana ini merupakan sebuah benteng pertahanan bangsa Moor. Ketika Dinasti Muwwahidun berkuasa, benteng pertahanan tersebut diubah menjadi kompleks tempat tinggal raja dengan penambahan beberapa bangunan. Komplek istana raja tersebut dikenal dengan nama Al-Muwarak.

Lalu, di Sevilla juga ada menara emas Torre del Oro. Sebuah menara yang dibangun sebagai tempat pengawasan untuk mempertahankan kota Sevilla dari serangan musuh. Menara emas ini mengontrol akses menuju pelabuhan kota. Torre del Oro memiliki rangkaian rantai raksasa yang menyambung dengan menara lain di seberang sungai yaitu Torre de la Plata. Rantai tersebut berguna untuk mencegah invasi kapal pasukan kerajaan Kristen masuk ke dalam kota.

Sumber: gomuslim.co.id

Foto: Pixabay

 

3

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

922

Like Fanpage Kami untuk Artikel Terbaru! Berita Islam Online

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *