Sertifikasi Nikah 2020, Kemenag Siapkan Pelatihan Tenaga KUA

Jakarta, BIO.COM— Kementrian Agama rencanakan sertifikasi nikah di tahun 2020.

Kementerian Agama menyiapkan pendidikan dan pelatihan untuk tenaga-tenaga Kantor Urusan Agama (KUA). Langkah ini dilakukan menyusul rencana kebijakan sertifikat nikah bagi pasangan yang akan menikah.

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid mengatakan akan menyelenggarakan pendidikan kepada tenaga kantor urusan agama (KUA) untuk mendukung program sertifikasi perkawinan.

“Kami sudah menyiapkan untuk itu (sertifikasi perkawinan). Bahkan besok kami menyelenggarakan satu pendidikan untuk para tenaga-tenaga KUA agar follow up terkait itu,” kata Zainut di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin, 18 November 2019.

Zainut mengatakan sejauh ini belum ada pembahasan tentang sertifikasi perkawinan bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Tetapi, ia mendukung program tersebut. Pasalnya, sertifikasi perkawinan bertujuan untuk mengurangi angka perceraian, dan kekerasan dalam rmah tangga.

Kementerian Agama, kata Zainut, sebetulnya sudah memiliki program penyuluhan pranikah yang dilakukan tenaga KUA. Namun, para calon pengantin yang mengikutinya tidak mendapatkan sertifikat. “Kalau itu nanti ditingkatkan ke sertifikat saya kira kami akan mendukung,” kata dia.

Muhadjir sebelumnya akan mewajibkan calon pengantin untuk mengikuti bimbingan pranikah dan mendapatkan sertifikat layak kawin. “Sebelum lulus mengikuti pembekalan enggak boleh nikah,” kata Muhadjir, Kamis, 14 November 2019.

Rencana itu akan diberlakukan mulai tahun depan. Calon pengantin wajib mengikuti pelatihan mengenai ekonomi keluarga hingga kesehatan reproduksi. Ia menuturkan, program ini merupakan penguatan terhadap sosialisasi pernikahan yang sebelumnya dilakukan KUA.

Dalam program sertifikasi perkawinan ini, sejumlah kementerian akan dilibarkan dalam memberi pembekalan, seperti Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Sumber: Nasional.tempo.co

2

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

922

Like Fanpage Kami untuk Artikel Terbaru! Berita Islam Online

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *