Menag Fachrul Razi: Materi Pelajaran Khilafah Tidak Dihilangkan

Jakarta, BIO.COM— Menag Fachrul Razi: materi pelajaran khilafah tidak dihilangkan, melainkan dipindahkan.

Polemik mengenai pelajaran khilafah dalam mata pelajaran di Madrasah terus bergulir. Akhirnya Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi membuat keputusan mengenai pelajaran tersebut. Menurut Menag Fachrul Razi, materi soal pelajaran khilafah tersebut tidak dihilangkan melainkan dipindahkan. Dulu materi soal khilafah masuk ke dalam fikih, sekarang dipindahkan ke sejarah.

“Kami berpendapat pelajaran sejarah khilafah enggak boleh hilang, tapi moderasinya yang ditonjolkan,” kata Menag Fachrul Razi kepada wartawan, Senin (9/12/2019).

Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menag Fachrul Razi membuat bentuk kerja sama, yakni terkait dengan pemindahan materi khilafah pada konteks yang tepat. Semula pembahasan khilafah ada di buku fikih, kini dialihkan ke dalam buku sejarah Islam.

Menag Fachrul Razi menjelaskan, keberadaan sejarah khilafah ini tidak boleh dihilangkan. Fakta adanya jejak khilafah pada peradaban Islam tidak bisa ditutup-tutupi.

“Itu fakta, pernah ada dalam sejarah peradaban Islam. Mulai dari kekhalifahan Khulafaur Rasyidin, sampai jatuhnya Turki Usmani pada tahun 1924, itu tetap akan disampaikan. Tetapi, akan diberikan perspektif yang lebih produktif dan lebih kontekstual,” terang Fachrul.

Menurut Menag Fachrul Razi, perlu disampaikan bahwa khilafah itu tidak lagi cocok untuk Indonesia, negara bangsa yang sudah memiliki konstitusi.

Khilafah memang nyata ada dalam sejarah Islam, namun perlu diketehui bahwa sistem tersebut, terang Menag Fachrul Razi, tidak cocok diterapkan di Indonesia. Bahkan beberapa negara di Timur Tengah pun sudah menerapkan sistem pemerintahan yang baru bukan khilafah.

“Dan sekarang di dunia ini sudah tidak ada lagi negara Islam yang menerapkan khilafah. Negara Islam itu ada yang republik, ada yang kerajaan, ada yang sekuler, ya seperti Turki. Ada yang emirat, jadi sudah memilih berbagai sistem pemerintahan. Jadi Khilafah itu sudah tidak ada,” pungkasnya.

Sumber: muslim.okezone.com

5

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

922

Like Fanpage Kami untuk Artikel Terbaru! Berita Islam Online

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *