Ingin Persalinan Lancar? Lakukan Amalan Berikut Ini Agar Dimudahkan Melahirkan

Jakarta, BIO.COM— Amalan Agar Dimudahkan Saat Melahirkan Menurut Islam

Detik-detik menuju persalinan merupakan hal yang paling menegangkan, namun juga menyenangkan. Bagaimana tidak? Setelah 9 bulan mengandung, seorang ibu akhirnya akan segera bertemu dengan sang bayi. Namun, perjuanagan seorang ibu mengandung tak sampai di situ. Ia harus berusaha sekuat tenaga untuk melahirkan sang anak dengan selamat. Mereka bilang sakitnya orang melahirkan itu antara hidup dan mati. Banyak cara untuk mewujudkan persalinan yang mudah, lancar dan selamat. Diantaranya yaitu gaya hidup sehat selama hamil, sering bergerak atau beraktifitas ketika hamil tua dan yang tidak kalah pentingnya yaitu berdoa memohon agar dimudahkan saat melahirkan. Berikut ini merupakan amalan agar dimudahkan saat melahirkan menurut islam yang dilakukan mulai dari sebelum dan selama kehamilan dan dilakukan oleh istri serta suami.

  1. Doa selama Kehamilan

Seorang ibu hamil pasti ingin memiliki proses persalinan yang lancar tanpa hambatan serta bayi yang dilahirkan pun sehat. Hal ini dapat diwujudkan dengan selalu memanjatkan doa kepada Allah Swt. Bukan hanya Anda, suamipun sebaiknya membaca doa menjelang persalinan atau selama kehamilan ini terutama sesaat setelah menunaikan sholat.

Robbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa dzurriyyatinaa qurrota a’yun”.

 “Ya Alloh, anugerahkanlah pada kami, istri istri dan keturunan keturunan yang bisa sebagai penenang hati. Dan jadikanlah kami imam bagi orang orang yang bertakwa”.

  1. Doa Menjelang Persalinan

Saat mulai merasakan tanda persalinan sudah dekat, Anda sebaiknya sering sering melafalkan doa menjelang persalinan berikut. Tidak saja Anda, melainkan orang orang yang ada di samping Anda sebaiknya juga membantu Anda dengan melafalkan doa ini.

Hannaa Waladat Maryama, Wa Maryama Waladat Iisaa, Ukhruj Ayyuhal Mauluudu Biqudrotil Malikil Ma’buudi

 “Hana telah melahirkan Maryam, sedangkan Maryam sudah melahirkan Isa. Maka, keluarlah hai anakku dengan sebab kekuasaan Allah yang disembah “

  1. Perbanyak membaca ayat-ayat Al-Qur’an

Allah maha mengetahui segala apa yang terjadi pada setiap hambanya, dan Allah telah menetapkan segala sesuatunya sesuai dengan ukurannya. Tidak mengapa seorang wanita yang hamil menyibukkan diri dengan membaca Al-quran dan mendengarkannya.

Dalam (QS. Ar’Rad ayat 8), Allah berfirman :

“Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan, apa yang kurang sempurna, dan apa yang bertambah dalam rahim. Dan segala sesuatu ada ukuran di sisi Nya.”

Dengan senantiasa membaca ayat Al Qur’an, insya’allah Allah akan memudahkan proses kelahiran orang tersebut.

  1. Perbanyak isthigfar

Istigfar adalah memohon ampun kepada Allah SWT. Terdapat banyak keutamaan dalam istigfar yang dapat bermanfaat bagi orang yang melakukannya. Jika seseorang yang sedang melahirkan memperbanyak beristigfar  Allah akan mempermudah proses kelahirannya, karena salah satu keutamaan istigfar adalah mempermudah masalah yang sedang dihadapi.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW. Bersabda : “Barang siapa membiasakan diri untuk beristigfar, Allah akan memberikan jalan keluar baginya dari setiap kesulitan, akan memberikan kebahagiaan dari setiap kesusahan, dan akan memberi rezeki dari arah yang tidak disangka sangka.” (HR. Abu Dauddan Ibnu Majah)

  1. Berpikiran positif

Ketika masa kehamilan dan saat tiba waktu melahirkan, senantiasa berpikir positif agar pikiran dan hati menjadi lebih tenang.

Ketika proses melahirkan, alangkah baiknya berserah diri kepada Allah SWT. Karena Dia yang Maha Kuasa atas segala yang ada di dunia ini, dan hanya kepada Nya lah kita kembali.

Sumber: dalamislam.com

ilustrasi: pixabay

2

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

922

Like Fanpage Kami untuk Artikel Terbaru! Berita Islam Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *