Doa yang Dipanjatkan Saat Pergantian Tahun Dalam Islam

Jakarta, BIO.COM— Doa saat pergantian tahun baru dalam islam.

 Pergantian malam tahun baru menjadi perayaan dan momen yang meriah bagi sebagian orang. Dalam islam sendiri tidak ada dalil yang menjelaskan diperbolehkannya merayakan tahun baru masehi. Apalagi rasulullah shallallahu alaihi wasallam tidak pernah mencontohkannya. Bagi seorang muslim rasanya tak pantas merayakan pergantian tahun baru masehi dengan melakukan kemaksiatan yang hanya mendatangkan mudarat. Ketika tahun baru Hijriah datang, biasanya umat Muslim merayakannya dengan amalan sunah, di antaranya berdoa agar nikmat Allah ditambahkan. Namun perlu diketahui, amalan sunah dalam konteks ini adalah untuk tahun baru hijriah, bukan tahun baru masehi.

 

Pergantian tahun memang patut disyukuri. Keterbukaan kesempatan dan harapan baru dengan datangnya tahun baru patut disongsong dengan rasa syukur.

Adapun Doa Tahun Baru Hijriah bisa menyembutkan hajat masing-masing. Syaikh Abdullah Al Faqih Hafizhahullah berkata:

Tidak apa-apa bagi seorang Muslim berdoa dengan kalimat yang di dalamnya tertera hajatnya, keinginannya, atau solusi atas kesulitannya. Tetapi, jika berdoa dengan doa-doa yang ma’tsur dari Nabi ﷺ atau dari para nabi lainnya, sebagaimana tertera dalam Al-quran, atau sunnah yang suci, maka itu lebih utama. Hendaknya dia memilih doa yang sesuai dengan keadaannya, kedudukannya, atau kebutuhan yang dia inginkan. Nabi ﷺ telah bersabda: “… kemudian dia memilih doa yang ia sukai maka berdoalah kepadaNya.” [H.R. Al Bukhari]. (Fatawa Asy Syabakah Al Islamiyah, 10/124).

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

“Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Dan atas karunia-Mu yang besar dan mulia kemurahan-Mu, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini.”

3

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

922

Like Fanpage Kami untuk Artikel Terbaru! Berita Islam Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *