Panjatkan Doa ini Ketika Hujan Deras dan Banjir Melanda

Jakarta, BIO.COM— Saat hujan deras dan banjir melanda, jangan lupa panjatkan doa.

Hujan deras tak henti-hentinya mengguyur berbagai daerah di Indonesia. Hal ini menyebabkan banjir melanda beberapa wilayah terutama di Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya. Hal ini mengakibatkan beberapa rumah terendam dan puluhan keluarga harus mengungsi. Tentu saja banjir merupakan sebuah bencana alam yang merugikan dan meresahkan. Namun perlu kita ingat bahwa setiap ujian dan cobaan yang Allah berikan kepada umatnya boleh jadi adalah salah satu bentuk sayang-Nya. Selain itu, di balik bencana ini kita diingatkan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan lebih menjaga lingkungan. Alangkah baiknya kita mengingat dan berdoa kepada Allah SWT. Ingatlah bahwa semua hal di alam semesta ini milik Allah dan akan kembali pula kepada-Nya.

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا ,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allāhumma hawālainā wa lā ‘alainā. Allāhumma ‘alal ākāmi wal jibāli, waz zhirābi, wa buthūnil awdiyati, wa manābitis syajari.

Artinya, “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudharatkan). Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon.”

Doa ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang dinukil oleh Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah dalam Kitab Al-Wabilus Shayyib minal Kalimit Thayyib, (Kairo, Darud Diyan lit Turats: 1987 M/1408 H), halaman 176.

Selain doa di atas, kita juga dapat memanjatkan doa agar dihindarkan dari berbagai bencana yang dapat kapan saja menghampiri kita.

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ, وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ, وَفَجْأَةِ نِقْمَتِكَ, وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lenyapnya nikmat-Mu, dari beralihnya keselamatan (yang merupakan anugerah)-Mu; dari datangnya siksa-Mu (bencana) secara mendadak, dan dari semua kemurkaan-Mu. (HR. Muslim)

Sumber:

  • okezone.com
  • muslim.or.id

2

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

922

Like Fanpage Kami untuk Artikel Terbaru! Berita Islam Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *