Bagaimana Sikap Seorang Muslim Ketika Ditimpa Musibah dan Bencana?

Jakarta, BIO.COM—Ketika bencana melanda, bagaimana seharusnya sikap terbaik seorang muslim?

Bencana mendatangkan kesedihan, kerugian, kesialan, kehilangan, bahkan kematian. Tak ada satu pun manusia yang senang ketika ditimpa bencana. Bahkan tidak sedikit orang yang justru berprasangka buruk kepada Allah, menyalahkan takdir Allah. ketika bencana datang menimpa seakan kita tak bisa melihat satu pun kebaikan yang allah berikan kepada kita. Padahal Allah itu maha adil, maha penyayang, tak akan pernah Ia menguji umatnya di luar batas kemampuan dirinya. Dalam menghadapai musibah dan bencana tidak seharusnya seorang muslim mengeluh seakan pertolongan allah itu tak ada. Lalu, bagaimana sebaiknya sikap yang harus dimiliki dan diterapkan seorang muslim ketika menghadapi bencana?

Pertama, seorang muslim ketika mendapat musibah atau bencana sebaiknya mengucapkan istirja, yaitu inna lillahi wa inna ilaihi roji’un.

Mengcuap istirja tidak hanya ketika seseorang meninggal, tapi juga saat musibah dan bencana menimpa kita atau orang lain. Allah berfirman dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 156:

الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

 

 (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”.

Kedua, sikap seorang muslim ketika ditimpa bencana ialah sabar dan tawakal.

Ketika bencana datang, seorang Muslim diharuskan bersabar dan tidak menggerutu atau mengeluh. Kesabaran tersebut menjadi jalan agar Allah memenuhi janji-Nya untuk memberikan kebahagiaan. Sikap berikutnya yaitu bertawakal kepada Allah SWT, namun tawakal harus didahului usaha yang maksimal.

Dalam Surat At Thalaq, Allah SWT berfirman yang artinya demikian.

” Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menunjukkan jalan keluar.”

Lebih lanjut, bencana menjadi bahan perenungan bagi setiap Muslim. Meskipun semuanya berasal dari Allah, manusia dituntut untuk menyatakan akhlak perihal bencana sebagai sesuatu yang berasal dari kekhilafan, kesalahan, kekeliruan, kezaliman manusia itu sendiri.

sumber: dream.co.id

2

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

922

Like Fanpage Kami untuk Artikel Terbaru! Berita Islam Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *