BPIP Sebut Agama Musuh Pancasila, Begini Kata MUI

Jakarta, BIO.COM— Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Yudian Wahyudi sebutkan bahwa agama adalah musuh Pancasila. Begini komentar Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI), Prof Din Syamsuddin.

Pancasila merupakan sumber ideologi bangsa Indonesia dan merupakan asas dalam berkehidupan, berbangsa dan bernegara. Kepala BPIP, Yudian Wahyu menyatakan bahwa memasuki era reformasi asas-asas organisasi termasuk partai politik boleh memilih selain Pancasila, seperti Islam. Ia menyebutkan belakangan ini ada kelompok yang mereduksi agama sesuai kepentingannya sendiri yang tidak selaras dengan nilai-nilai Pancasila. Mereka antara lain membuat Ijtima Ulama untuk menentukan calon wakil presiden. Atas dasar inilah ia menyatakan bahwa agama merupakan musuh terbesar pancasila. Ungkapan ini menuai berbagai kontroversi dari berbagai kalangan. Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI), Prof Din Syamsuddin angkat bicara

“Si Minoritas ini ingin melawan Pancasila dan mengklaim dirinya sebagai mayoritas. Ini yang berbahaya. Jadi kalau kita jujur, musuh terbesar Pancasila itu ya agama, bukan kesukuan,” papar Yudian yang masih merangkap sebagai Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Jogjakarta

Menyikapi pernyataan tersebut, Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI), Prof Din Syamsuddin menegaskan bahwa hubungan agama dengan Pancasila sudah selesai. Pancasila akan rusak tanpa agama, karena sumber Pancasila dari agama dan budaya bangsa.

Ia menyampaikan, pemuka agama-agama di Indonesia meyakini bahwa Pancasila yang menjadi dasar NKRI merupakan kenyataan historis, sosiologis, antropologis dan pengakuan teologis serta kristalisasi nilai-nilai agama. Jadi para tokoh agama memandang dekat sekali hubungan agama dengan Pancasila.

Din berpendapat, Pancasila tidak boleh meninggalkan agama karena bersumber dari agama dan budaya bangsa. Pancasila akan tegak dengan agama, tanpa agama maka Pancasila akan rusak. “Dengan agama, Pancasila akan kuat, tanpa agama saya tidak tahu Pancasila akan menjadi apa,” ujarnya.

Sumber: Republika.co.id, Detik.com

Foto: Pixabay

3

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

922

Like Fanpage Kami untuk Artikel Terbaru! Berita Islam Online

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *