MUI Nyatakan Fatwa Haram Merayakan Hari Valentine Bagi Umat Islam

Jakarta, BIO.COM— MUI nyatakan fatwa haram memperingati hari valentine bagi umat Islam.

Hari Valentine diperingati sebagai hari kasih sayang setiap tanggal 14 Februari. Pada hari ini biasanya orang akan memberikan kado spesial untuk pasanganya baik berupa coklat, surat, bunga, dan tentu saja cinta. Namun pada hakikatnya banyak sekali muda-mudi yang menyalahgunakan momen ini sebagai lading maksiat. Apalagi bagi seorang muslim tak seharusnya mereka merayakan suatu perayaan nasrani. Sehingga dalam hal ini Majelis Ulama Indonesia menetapkan fatwa haram memperingati hari valentine bagi umat Islam

Hari Valentine bukan bagian dari kebudayaan Islam. Perayaan Valentine berasal dari sejarah tentang beberapa kisah di zaman Romawi kuno. Oleh karena itu, Wakil Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Miftahul Huda, mengingatkan umat Islam akan fatwa MUI No. 3 Tahun 2017 tentang haramnya merayakan Hari Valentin bagi umat Islam.

Ia menyatakan fatwa haram bagi muslim merayakan Valentine karena tiga hal. Pertama, karena Hari Valentine bukan hari besar Islam atau perayaan Islam. Kedua, di dalam perayaannya kerap ada bentuk kegiatan pesta atau hura-hura dan ungkapan kasih sayang yang terlalu berlebihan.

Bahkan, ada yang menyalahgunakannya dengan melakukan sesuatu di luar batas syariat, misalnya sampai berhubungan badan bagi yang bukan pasangan menikah. Ketiga, jika umat Islam ikut merayakannya, itu berarti mentoleransi kemaksiatan atau termasuk mendorong itu hal yang lumrah atau dibolehkan.

Dilansir dari Republika ia menyatakan, “Kasih sayang sangat luas dalam ajaran Islam. Hari kasih sayang bukan hanya setiap 14 Februari, setiap waktu kita harus menyayangi bukan hanya kepada pasangan kita yang sudah resmi. Tetapi kata sayang sangat umum, baik itu kepada orang tua, keluarga, bahkan kepada alam dan lingkungan pun, kita harus menyayangi,” kata Ustadz Miftah.

Islam sejatinya mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai kasih sayang. Ustaz Miftah mengatakan, sejumlah hadits misalnya menyeru umat Islam untuk senantiasa berkasih sayang.

Sumber: republika.co.id

Foto: Pixabay

3

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

922

Like Fanpage Kami untuk Artikel Terbaru! Berita Islam Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *