Ashraf Sinclair Wafat, Begini Doa Istri untuk Suami yang Meninggal Dunia

Jakarta, BIO.COM— Doa yang dipanjatkan seorang istri yang ditinggal suami meninggal dunia.

Kabar duka datang dari suami penyanyi dan aktris Bunga Citra Lestari, yaitu Ashraf Sinclair yang meninggal dunia Selasa (18/02) dini hari. Keduanya dikenal sebagai pasangan suami istri yang harmonis. Pada zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang mirip dengan kasus ini. Pasangan Abu Salamah dan Ummu Salamah radhiyallahu ‘anhuma. Keduanya adalah pasangan keluarga yang ideal. Suami yang baik, memiliki kelebihan dalam banyak hal. Istri yang sholihah nan menyejukkan pandangan. Namun kematian Abu Salamah, memisahkan perjumpaan keluarga bahagia ini di dunia. Kesedihan mendalam dialami sang istri yang cintanya masih membara. Namun dia teringat pesan Nabi  agar membaca suatu doa ketika tertimpa musibah, dan Allah janjikan akan diganti yang lebih baik.

Saking cintanya kepada Abu Salamah, ketika hendak membaca doa ini, wanita solihah ini bergumam,

أُعَاضُ خَيْرًا مِنْ أَبِي سَلَمَةَ؟ ثُمَّ قُلْتُهَا، فَعَاضَنِي اللَّهُ مُحَمَّدًا صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَآجَرَنِي فِي مُصِيبَتِي

“Saya diberi ganti yang lebih baik dari pada Abu Salamah? Akupun tetap membacanya. kemduian Allah gantikan suami untukku Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan Allah berikan pa padahal untuk musibahku.” (Tambahan riwayat Ibn Majah, 1598 dan dishahihkan al-Albani)

Doa yang dipanjatkan Ummu Salamah,

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ – اَللَهُمَّ أْجُرْنِي فِي مُصِيبَتِي، وَأَخْلِفْ لِي خَيْرًا مِنْهَا

Ya Allah, berikanlah pahala kepadaku atas musibah yang menimpaku, dan gantikanlah aku dengan yang lebih baik dari pada musibah ini.”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْ مُسْلِمٍ تُصِيبُهُ مُصِيبَةٌ، فَيَقُولُ مَا أَمَرَهُ اللهُ: إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ، اللهُمَّ أْجُرْنِي فِي مُصِيبَتِي، وَأَخْلِفْ لِي خَيْرًا مِنْهَا، إِلَّا أَخْلَفَ اللهُ لَهُ خَيْرًا مِنْهَا

Setiap muslim yang menerima musibah apapun, kemudian dia membaca doa ini maka Allah akan ganti dengan yang lebih baik darinya. (HR. Muslim 918, Abu Daud 3119 dan yang lainny).

Meneladani Aisyah r.a

Potret wanita penyabar yang perlu ditiru para mukminah sedunia adalah ummahatul mukminin, para istri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mereka berbeda dengan wanita pada umumnya. Jika suami mereka meninggal, setelah masa iddah, mereka bisa menikah lagi. Lain halnya para istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, setelah beliau meninggal, tidak boleh ada satupun yang menikah setelahnya. Mereka menjanda sampai mati.

Bisa Anda bayangkan, betapa lamanya mereka bisa hidup tanpa pendamping suami. Istri beliau termuda Aisyah radhiyallahu ‘anha, ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam wafat, beliau berusia 18 tahun. Dari Urwah bin Zubair dari Aisyah, beliau menceritakan tentang suaminya,

مَاتَ عَنْهَا وَهِيَ بِنْتُ ثَمَانَ عَشْرَةَ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam meninggal, ketika Aisyah berusia 18 tahun (HR. Muslim no. 1422)

Sumber: konsultasisyariah.com

Foto: Pixabay

3

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

922

Like Fanpage Kami untuk Artikel Terbaru! Berita Islam Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *