Doa Ketika Hujan Lebat Turun dan Doa Setelah Hujan

Jakarta, BIO.COM—Beberapa bulan ini hujan deras tak henti mengguyur sejumlah daerah di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Di awal tahun 2020 kawasan Jabodetabek sudah digenang banjir yang cukup parah yang membuat sebagian warga harus mengungsi. Kini hujan deras kembali mengguyur Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya menyebabkan sejumlah daerah kembali kebanjiran. Jalan tol hingga jalur KRL terpaksa harus ditutup sementara karena banjir. Terkait hal ini, Islam sebenarnya sudah mengajarkan amalan dan doa agar hujan yang turun menjadi rahmat bagi manusia.

Dalam Islam, hujan bukan merupakan sebuah bencana. Hujan merupakan rahmat dan berkah bagi manusia, akan tetapi sering kali kita menyalahkan hujan sebagai sebab bencana. Padahal bencana banjir yang terjadi tidak disebebkan oleh hujan melainkan kelalaian kita sebagai manusia.

Nabi Muhammad SAW mencontohkan dalam kitab Al Umm karya Imam Syafi’I bahwa hujan adalah waktu yang paling mustajab untuk dikabulkannya doa.

Nabi Muhammad bersabda, “Carilah doa yang dikabulkan, yaitu ketika bertemunya dua pasukan, waktu ikamah, serta ketika turunnya hujan.”

Imam an-Nawawi juga mengatakan, bahwa doa pada saat hujan tidak ditolak atau jarang ditolak karena pada saat itu tengah turun rahmat, khususnya curahan hujan pertama di awal musim.

Berikut ini sejumlah doa yang bisa dibaca tatkala hujan turun:

Doa ketika turun hujan

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

“Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat.” (HR Bukhari dari Aisyah RA).

Ketika takut bahaya hujan lebat, dianjurkan membaca doa ini:

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

“Allahumma hawalaina wala ‘alaina, Allahumma ‘alal akami wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wamanabitisyajari.

Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan.” (HR Bukhari Muslim)

Sementara doa setelah turun hujan:

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللـهِ ورَحْمَتِهِ

“Muthirnaa bifadhlillahi wa rahmatihi.”  Yang artinya:
“Diturunkan kepada kami hujan berkat anugerah Allah dan rahmat-Nya.” (HR Bukhari)

Sumber: republika.co.id

3

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

922

Like Fanpage Kami untuk Artikel Terbaru! Berita Islam Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *