Umrah Ditutup Karena Corona, Masjidil Haram Sepi: HOAKS

Jakarta, BIO.COM— KJRI Jeddah menegaskan bahwa masjidil Haram tetap dipenuhi dengan jamaah umrah.

Sejak 27 Februari 2020, Pemerintah Arab Saudi menutup izin kepada jamaah umrah yang berasal dari 10 Negara di Asia, tak terkecuali Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan virus corona atau Covud-19 yang sedang mewabah. Akibatnya beredar kabar bahwa masjidil Haram sepi pengungjung umrah. Terkait hal ini KJRI menepis kabar hoaks tersebut dan menyatakan bahwa hal serupa tidak terjadi. Masjidil Haram tetap ramai oleh jamaah umrah dari berbagai negara.

Tersebar video di media sosial yang memperlihatkan kondisi kota Makkah khusunya masjidil Haram dalam keadaaan kosong. Dilansir dari laman resmi Kementerian Agama, Konsul Haji Konsulat jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Endang Jumali mengatakan, video tersebut diambil setelah musim haji pada tiga tahun lalu.

Endang melanjutkan, kala itu, terdapat jeda antara selesainya musim haji dengan masuknya jamaah umrah. Sehingga, ada kondisi di mana Masjidil Haram tampak lebih sepi dari biasanya.

“Itu gambar setelah musim haji sekitar tiga tahun lalu. Saat itu, setelah musim haji tidak langsung ada jamaah umrah yang datang ke Masjidil Haram,” ujar Endang mengkonfirmasi melalui pesan singkat, Selasa (3/3/2020).

Selain itu, kondisi dan suasana Masjidil Haram masih terpantau ramai seperti biasanya. hal ini juga berdasarkan hasil survey tim Konsul Haji KJRI Jeddah di Masjidil Haram, pada pukul 10.20 waktu Arab Saudi. “Masjidil Haram tetap ramai. Jamaah tetap melaksanakan umrahnya dengan baik dan lancar,” katanya.

Endang mengatakan, pada periode 1 Maret 2020 tim KJRI Jeddah telah mefalisitasi kepulangan 4.951 jamaah. Mereka para jamaah terbagi ke dalam 19 penerbangan dengan 9 maskapai penerbangan, yaitu Garuda Indonesia, Saudia Airlines, Ettihad, Emirate, Oman Air, Lion, Flynas, Srilankan Air, dan Air Asis.

Sumber: muslim.okezone.com

3

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

922

Like Fanpage Kami untuk Artikel Terbaru! Berita Islam Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *