MUI Mengimbau Umat Muslim Patuhi Kebijakan Belajar dan Bekerja di Rumah

Jakarta, BIO.COM— Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyeru umat Islam menggunakan waktu belajar dan bekerja di rumah dengan sebaik-baiknya.

Presiden RI Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivias di luar rumah demi menekan angka penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia.  Sementara itu Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyeru umat Islam agar patuh pada kebijakan pemerintah yang menginstruksikan pelajar dan karyawan belajar dan bekerja di rumah. MUI mengingatkan umat Islam untuk menggunakan waktu belajar dan bekerja di rumah dengan sebaik-baiknya.

Wakil Ketua Umum MUI KH Muhyiddin Junaidi mengatakan, bagi umat Islam, kematian kapan saja bisa menjemput seseorang dalam keadaan sakit maupun sehat. Namun, instruksi belajar dan bekerja di rumah bagi pelajar dan karyawan merupakan keputusan bijak dari pemerintah.

“MUI mengimbau kita menjaga amanah sebaik-baiknya. Tidak pergi ke sekolah bukan berarti jalan-jalan ke mal dan ke tempat rekreasi karena akan menimbulkan masalah baru. Bisa saja terpapar penyakit di sana,” kata KH Muhyiddin , Senin (16/3).

Ia menyarankan, sebaiknya yang mendapatkan dispensasi belajar dan bekerja harus memaksimalkan waktunya di rumah seperti halnya belajar dan bekerja. Umat jangan menyalahgunakan waktu yang diberikan untuk kepentingan sesaat dan memenuhi hawa nafsu.

MUI mengingatkan, wabah Covid-19 yang menyebar di Indonesia sebaiknya dijadikan sebagai momentum mengoreksi diri.  Menurut ajaran Islam dalam setiap musibah pasti ada hikmahnya.

KH Muhyiddin mengatakan, semua pihak perlu mengoreksi diri masing-masing dan merenungkan apa yang harus dilakukan untuk membantu upaya menghindari musibah.

Dia mengimbau umat Islam melakukan perenungan secara totalitas bahwa sesungguhnya Allah tidak mungkin memberi ujian tanpa ada maksud di baliknya.

Dirinya juga mengimbau agar umat sama-sama melengkapi berbagai kekurangan, sedangkan kalau sudah lengkap, dorong agar tetap di jalurnya. Dia berharap keputusan yang dikeluarkan pemerintah pusat dan daerah bisa terus mendorong umat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi secepat mungkin.

Sumber: republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *