Tips Muhammadiyah Menghadapi Pandemi Covid-19

Jakarta, BIO.COM— Muhammadiyah berikan tips menghadapi virus corona, salah satunya menjaga wudhu.

Ketua PP Muhammadiyah Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial, dr Agus Taufiqurrohman memberikan tips bagi masyarakat dalam menghadapi virus Covid-19 bertajuk “Ikhitari Menghadapi Covid-19″. Ia menerangkan, hal pertama yang harus dilakukan untuk menghadapi Covid-19 adalah menjaga kebersihan badan dan lingkungan.

“Jaga kebersihan badan dan lingkungan, rajin cuci tangan higienis. Bagus lagi dengan selalu menjaga wudhu,” ujar dr Agus.

Selain itu, menurut dia, masyarakat juga harus selalu menjaga kekebalan tubuhnya dengan makan dan minum yang halal dan thoyyib, mencukupi nutrisi, memperbanyak sayur dan buah, dan mengkonsumsi madu.

“Sempatkan juga berolah raga, istirahat yang cukup. Selain itu, jaga emosi agar tetap positif. Jangan mudah marah dan hindari emosi negatif lain,” ucapnya.

Dia juga menganjurkan untuk menjaga kesehatan spiritual dengan tertib beribadah. Selain shalat wajib, menurut dia, sebaiknya umat Islam juga shalat tahajud. Jika harus berada di tempat yang berisiko menggunakan perlindungan diri yang memadai, dan menggunakan masker jika keluar rumah.

“Jika mengalami demam, batuk, pilek dan sesak nafas, segera ke rumah sakit untuk pemeriksaan dan penanganan lebih baik. Jangan panik, tetap tenang dan rasional,” katanya.

Setelah berbagai ikhtiar tersebut dilakukan, dr Agus juga menyarankan kepada umat Islam untuk selalu berdoa memohon perlindungan kepada Allah dengan doa-doa yang shahih, serta membiaasakan baca dzikir pagi dan petang.

Salah satu doa yang disarankan adalah doa perlindungan dari berbagai penyakit, “Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari penyakit kulit belang, penyakit gila, penyakit lepra, dan penyakit yang (berakibat) buruk,” (H.R. Abu Dawud, No.1554).

2

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

922

Like Fanpage Kami untuk Artikel Terbaru! Berita Islam Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *