Keutamaan Berdzikir Saat Musibah Wabah Covid-19

PERCIKANIMAN.ID— BERDZIKIR menjadi bagian dari kecintaan umat Islam kepada Allah sebagai bentuk muhasabah diri dan agar selalu dilindungi.

 

Khususnya saat ini, berdzikir di tengah wabah virus corona (COVID-19) sangatlah dianjurkan. Ketika menghadapi musibah seperti wabah virus Covid-19 atau virus corona ini umat Islam dianjurkan memperbanyak dzikir, mengingat Allah. Berdzikir memiliki banyak sekali keutamaan.

 

Allah Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللهَ ذِكْرًا كَثِيرًا (الأحزاب: 41)

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya”(QS Al Ahzaab: 41).

Keutamaan memperbanyak dzikir di tengah wabah Covid-19, antara lain:

1. Memperoleh ridha dari Allah.

Mendapatkan ridha dari Allah adalah hal yang paling dicari oleh seluruh umat Islam. Artinya barang siapa yang memperbanyak dzikir, baik pagi, siang, sore dan malam maka akan mendapatkan jaminan keselamatan di dunia serta di akhirat.

 

2. Dilindungi dari segala marabahaya.

Memperbanyak dzikir juga akan senantiasa dilindungi oleh Allah dari berbagai marabahaya. “Bukan hanya sedekah, banyak berdzikir Insya Allah akan dijauhkan dari hal-hal buruk,” ujarnya.

 

3. Mendapat nilai terbaik ketika Hari Kiamat.

Dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang mengucapkan kalimat ‘subhanallah wa bi hamdih’ di pagi dan sore hari sebanyak 100 kali maka tidak ada yang datang pada hari kiamat yang lebih baik dari yang ia lakukan kecuali orang yang mengucapkan semisal atau lebih dari itu.” (HR. Muslim).

 

Hadist tersebut menjelaskan, bahwa bagi Muslim yang senantiasa berdzikir karena Allah maka akan diberikan predikat terbaik di akhirat nanti.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

مَثَلُ الَّذِي يَذْكُرُ رَبَّهُ وَالَّذِي لاَ يَذْكُرُ رَبَّهُ، مَثَلُ الحَيِّ وَالمَيِّتِ (رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ)

Artinya: “Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Tuhannya dengan orang yang tidak berdzikir kepada Tuhannya adalah seperti orang yang hidup dengan orang yang mati”(HR. al-Bukhari)

Sumber: muslim.okezone.com

2

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

922

Like Fanpage Kami untuk Artikel Terbaru! Berita Islam Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *