Keutamaan Mengonsumsi Kurma Saat Berbuka Puasa

Jakarta, BIO.COM— Manfaat mengonsumi kurma saat berbuka puasa, benarkah bisa hindari penyakit?

Berbuka puasa dengan kurma memiliki keutamaan di antaranya menguatkan badan dan menajamkan pandangan. Kurma memiiliki berbagai manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Oleh sebab itu Rasulullah menganjurkan umatnya untuk berbuka dengan kurma. Rasulullah juga gemar mengonsumsi kurma di pagi hari.

Ibnu Hajar Al Asqolani rahimahullah membawakan dalam Bulughul Marom hadits no. 660,

وَعَنْ سَلْمَانَ بْنِ عَامِرٍ اَلضَّبِّيِّ – رضي الله عنه – عَنِ اَلنَّبِيِّ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ: – إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ, فَإِنْ لَمْ يَجِدْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى مَاءٍ, فَإِنَّهُ طَهُورٌ – رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ, وَصَحَّحَهُ اِبْنُ خُزَيْمَةَ وَابْنُ حِبَّانَ وَالْحَاكِمُ

Dari Salman bin ‘Amir Adh Dhobbi radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian berbuka, maka berbukalah dengan tamr (kurma kering). Jika tidak dapati kurma, maka berbukalah dengan air karena air itu mensucikan.”

Berbuka puasa dengan kurma sangat baik untuk kesehatan. Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin menjelaskan bahwa berbuka puasa dengan kurma tidaklah wajib. Namun berbuka dengan kurma itu lebih sempurna dan lebih utama.

Selain mengonsumsi kurma di saat buka puasa, kita juga dapat mengonsumsi kurma saat sahur.

مَنْ تَصَبَّحَ بِسَبْعِ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً لَمْ يَضُرَّهُ ذَلِكَ الْيَوْمَ سُمٌّ وَلاَ سِحْرٌ

“Barangsiapa di pagi hari memakan tujuh butir kurma ajwa, maka ia tidak akan terkena racun dan sihir pada hari itu.” (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari no. 5779 dan Muslim no. 2047).

Apa saja manfaat kurma yang berkhasiat baik untuk kesehatan tubuh?

  1. Mengembalikan energi

Kurma memiliki rasa manis yang dapat membantu menyimpan energi selama seharian berpuasa. Oleh karena itu mengonsumsi kurma saat buka puasa juga dapat mengembalikan energi. Kurma bisa mempercepat pengembalian energi dalam tubuh karena mengandung fruktosa, yaitu sejenis gula alami yang ditemukan dalam buah. Karena kaya akan manfaat, sangat sayang rasanya jika melewatkan momen berbuka puasa tanpa menyajikan kurma.

  1. Mencegah perkembangan penyakit

Dalam situasi saat ini, yang mana pandemi Covid-19 tengah mewabah, menjaga imunitas dan kesehatan penting untuk diperhatikan. Apalagi saat berpuasa kita akan kehilangan banyak energi di siang hari. Oleh karena itu, mengonsumsi buah kurma  bisa membantu mencegah perkembangan penyakit kronis, karena mengandung beberapa jenis antioksidan. Buah yang satu ini bisa membantu mencegah perkembangan penyakit jantung, kanker, ataupun diabetes.

Sumber: halodoc.com

3

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

922

Like Fanpage Kami untuk Artikel Terbaru! Berita Islam Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *