Keutamaan Shalat Tarawih Di Rumah Saat Pandemi Covid-19

Jakarta, BIO.COM— Keutamaan shalat tarawih di rumah di tengah Pandemi Covid-19.

Bulan Ramadhan 1441 Hijriyah sudah memasuki hari kelima. Meskipun di tengah mewabahnya pandemi Covid-19 ini bukan berarti ibadah yang dilakukan dari rumah menjadi berkurang pahalanya.

Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, sholat tarawih berjamaah atau sendiri di rumah pada kondisi seperti ini, yakni dalam rangka mencegah meluasnya virus COVID-19 adalah pilihan yang tepat. Hukumnya dibolehkan atau mubah serta sesuai dengan anjuran atau sunnah Nabi Muhammad.

Imam Nawawi di dalam Al Majmu’ berkata: “Hukum sholat tarawih sunnah sesuai dengan ijmak para ulama, dan boleh dilaksanakan sendiri atau berjamaah, mana yang lebih utama? Ada dua pendapat yang terkenal: Yang benar sesuai dengan kesepakatan sahabat-sahabat kami adalah bahwa berjama’ah lebih utama”.

Tarawih ini menunjukkan kecintaan  dan kekuatan kita untuk  mencari ridha Allah

Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُرَغِّبُ فِي قِيَامِ رَمَضَانَ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَأْمُرَهُمْ فِيهِ بِعَزِيمَةٍ فَيَقُولُ مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Dari Abi Hurairah radliyallahu ‘anhu, Rasulullah gemar menghidupkan bulan Ramadhan dengan anjuran yang tidak keras. Beliau berkata: ‘Barangsiapa yang melakukan ibadah (sholat tarawih) di bulan Ramadhan hanya karena iman dan mengharapkan ridha dari Allah, maka baginya diampuni dosa-dosanya yang telah lewat” (HR Muslim)

Keutamaan tarawih salah satu semangat syiar di bulan Ramadhan yang penuh berkah, penuh keagungan dan keutamaan di sisi Allah SWT.

3

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

922

Like Fanpage Kami untuk Artikel Terbaru! Berita Islam Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *