Tips Mengisi Waktu Di Rumah Aja Selama Bulan Ramadhan

Jakarta, BIO.COM— Bulan Ramadhan kali ini memang berbeda dengan sebelumnya. Tidak ada aktivitas yang dilakukan dari luar rumah. Bahkan seluruh kegiatan ibadah pun dilakukan dari rumah. Tentu saja ini adalah tindakan preventif mengurangi penyebaran wabah Covid-19 di negeri kita khususnya.

Hal ini memang membuat sebagian dari kita akan mudah merasa bosan. Apa lagi biasanya kita lebih senang memasak atau makan di waktu luang. Namun sayangnya kini tak bisa memiliki waktu yang banyak untuk memakan makanan yang kita masak.

Namun tentu saja ada hal-hal positif lain yang masih kita bisa lakukan untuk mengisi waktu di rumah aja sambil berpuasa. Hal-hal ini tentu tidak akan mengurangi pahala puasa kita, bahkan boleh jadi menambah pahala puasa.

Berikut beberapa kegiatan yang mungkin bisa menjadi referensi, dilansir dari laman Nowthistime, Rabu (29/4).

1.  Olahraga ringan

Jika telah duduk untuk waktu yang lama, Anda dapat berjalan-jalan, joging ringan, atau mencoba kardio intensitas rendah. Kegiatan tersebut dapat dilakukan setelah makan sahur atau sebelum berbuka puasa. Sementara itu, berolahraga pada pertengahan hari tanpa makanan akan menyulitkan tubuh Anda.

2. Berkebun

Anda juga bisa menumbuhkan kembali makanan dari sisa-sisa dapur. Selada, seledri, dan daun bawang dapat ditumbuhkan kembali dalam cangkir atau toples berisi air dengan sisa basa dan akar. Wortel, bit, dan bawang bombai dapat ditempatkan di wadah dengan air sebelum dipindahkan ke tanah.

3. Bermain dengan keluarga

Anda bisa mengambil kembali permainan yang telah lama disimpan untuk membuat Anda sibuk bermian dengan keluarga. Jika sendirian, mainkan permainan secara virtual yang meangajak pemain lain, seperti permainan puzzle atau mengunduh Words With Firends.

4. Menciptakan keahlian baru

Bermain juggling? Origami? Atau membuat sketsa? Mungkin ada tutorial di Youtube untuk hal tersebut. Cobalah sesuatu yang menyenangkan dan kembangkan kreativitas Anda.

5. Melupakan kehidupan dunia

Anda dapat sejenak melupakan kehidupan dunia dengan cara yang paling baik dan disarankan oleh agama Islam, yakni membaca Alquran.

6. Berkumpul secara virtual

Pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di beberapa daerah akan menghalangi Anda untuk berkumpul, baik untuk sholat berjamaah maupun buka puasa bersama. Anda bisa mengajak saudara, tetangga rumah, atau teman jauh untuk bergabung dalam obrolan video secara daring.

7. Menata rumah

Biasanya menjelang Idul Fitri, keluarga akan sibuk untuk membersihkan seluruh isi rumah. Namun, kegiatan tersebut bisa Anda mulai dari sekarang.

8. Manfaatkan sesi spiritual
Saat ini ada banyak kajian online yang dapat Anda ikuti dari beragam sarana. Ikutilah beberapa kajian agar dapat tetap mendapatkan ilmu baru terkait agama.

9. Beristirahat
Jika Anda tetap bekerja dari rumah, pastikan Anda senantiasa mengambil jeda dengan istirahat selama 15 menit setelah melakukan rapat daring.

10. Buka puasa bersama
Ya, masih dengan memanfaatkan gadget yang dimiliki, Anda dapat menggunakan telepon genggam untuk terhubung dengan keluarga besar ataupun teman dekat saat berbuka puasa.

11. Muhasabah 
Ramadhan kali ini merupakan salah satu momen yang tepat untuk melakukan muhasabah. Menyendiri dalam beberapa saat untuk melakukan introskpeksi diri dapat dilakukan saat Anda hanya berdiam diri di rumah.

2

Redaksi:  admin [ Berita Islam Online Terkini & Terpercaya

922

Like Fanpage Kami untuk Artikel Terbaru! Berita Islam Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *